Lapangan Bola Kampung Setu, Tempatnya Bibit Timnas dari Depok

- Selasa, 14 Juni 2022 | 18:22 WIB
Pemain, pelatih, dan ofisial timnas Indonesia foto bersama para suporter usai menang 2-1 atas Kuwait di pertandingan Grup A kualifikasi Piala Asia 2023.* (Twitter/PSSI)
Pemain, pelatih, dan ofisial timnas Indonesia foto bersama para suporter usai menang 2-1 atas Kuwait di pertandingan Grup A kualifikasi Piala Asia 2023.* (Twitter/PSSI)

DepokToday.com – Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sepakbola memang sudah tak diragukan lagi. Maka tak heran, jika di sejumlah daerah banyak ditemukan turnamen untuk mencari bibit-bibit potensial. Seperti yang terlihat di wilayah Kampung Setu, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok ini.

Di kawasan tersebut, rupanya hampir setiap tahun rutin menggelar turnamen sepakbola yang diikuti dari berbagai wilayah. Menariknya lagi, lapangan yang disiapkan untuk ajang bergengsi itu disebut nyaris memenuhi standar nasional. Warga sana biasa menyebutnya sebagai Turnamen PY Porkas Jaya.

Lapangan rumput hijau itu berlokasi di RW 08, Kampung Setu, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok.

Menurut Parno Yahmo, pembina sekaligus penanggungjawab kegiatan tersebut, Turnamen PY Porkas Jaya telah berlangsung sejak 41 tahun, silam. Ide ini muncul atas keprihatinan warga dengan sepakbola Indonesia.

“Sekarang ini kan lapangan sepak bola itu lahannya sempit dan susah dicari. Nah yang jarang itu lapangan bola mendekati standarisasi olahraga. Maka ini (lapangan) kita pertahankan,” katanya dikutip pada Selasa, 14 Juni 2022.

Baca Juga: 10 Begal Keroyok Warga Depok, Incar Dua Motor Sekaligus

Selain untuk mengasah bibit-bibit muda atlit sepakbola, Parno Yahmo menilai, kegiatan di lapangan dan turnamen ini mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.   

“Kita juga kan kerjasama dengan pencari bibit nasional. Nah Timnas U 16 itu kebanyakan berangkat dari sini. Saya nggak hafal, karena banyak banget. Kegiatan ini sudah berlangsung 41 tahun,” tuturnya.

Lebih lanjut Parno Yahmo mengaku bersyukur, masih banyak yang peduli dengan dunia sepakbola di daerah, salah satunya seperti Pradi Supriatna.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X