IFAB akan Patenkan Aturan Pergantian Lima Pemain

- Senin, 13 Juni 2022 | 21:27 WIB
Pergantian pemain timnas Indonesia.(Foto: Twitter/PSSI)
Pergantian pemain timnas Indonesia.(Foto: Twitter/PSSI)

DepokToday.com - IFAB akan mematenkan peraturan baru mengenai pergantian pemain dalam sebuah pertandingan, yang awalnya hanya tiga kini menjadi lima pemain.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan pergantian pemain pengganti, yang dimulai pada 2020 karena pandemi virus corona, mengikuti dukungan kuat dari seluruh komunitas sepak bola.

Selain menjadikan lima pemain pengganti permanen, IFAB atau Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional, menegaskan bahwa setiap tim sekarang dapat menyebutkan 15 pemain pengganti di lembar daftar tim, bukan 12 lagi.

Gianni Infantino juga menyatakan, setelah pertemuan tahunan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional, para ahli akan memutuskan apakah deteksi offside semi-otomatis akan digunakan untuk Piala Dunia yang dimulai 21 November 2022.

Baca Juga: FIFA Match Day Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Punya Formula untuk Bekuk Bangladesh

Ketua wasit FIFA, Pierluigi Collina, yakin bahwa sistem akan diperkenalkan pada waktunya untuk turnamen yang diikuti oleh 32 negara itu.

Tes dimulai untuk mempercepat pengambilan keputusan dan mengurangi ruang lingkup kontroversi dalam membuat panggilan offside di pertandingan-pertandingan top.

Sistem memantau 29 titik data pada anggota badan pemain untuk membuat model kerangka tiga dimensi yang ditinjau di pinggir lapangan oleh wasit.

Ketua eksekutif Asosiasi Sepak Bola Inggris, Mark Bullingham, menuturkan, lebih dari delapan juta poin data posisi dicatat setiap pertandingan. Sistem ini telah dicoba di Piala Arab FIFA tahun lalu di Doha dan Piala Dunia Antarklub pada Februari.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: AFP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X