Dilepas Menteri Agama, Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Indonesia Sudah Berangkat ke Arab Saudi

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 22:47 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, memberikan wejangan kepada calon jemaah haji Indonesia di dalam pesawat.(Foto: kemenag.go.id)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, memberikan wejangan kepada calon jemaah haji Indonesia di dalam pesawat.(Foto: kemenag.go.id)

DepokToday.com - Sebanyak 393 calon jemaah haji asal DKI Jakarta sudah diberangkatkan ke tanah suci Mekah, Arab Saudi, Sabtu 4 Mei 2022.

Keberangkatan kloter pertama 393 calon jemaah haji ini dilepas oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Turut mendampingi Menag dalam pelepasan jemaah haji Indonesia, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latif, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo, Abdul Rochman dan Abdul Qodir.

Di hadapan 393 calon jemaah haji asal DKI Jakarta itu, Gus Men, panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas, memberikan sejumlah pesan kepada jemaah.

Pertama, Gus Men mengajak para Dhuyufurrahman untuk kembali menata niat. 

"Di tata kembali niatnya ke tanah suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," ujar Gus Men. 

Kedua, Menag meminta jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan karena cuaca panas di Saudi. "Saya berharap Bapak Ibu sekalian menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum," imbuhnya.

Ketiga, Gus Men mengimbau jemaah untuk membatasi kegiatan di luar ibadah. "Hanya lakukan kegiatan ibadah. Dan kegiatan di luar ibadah, seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," tegas Gus Men. 

Baca Juga: Besok Berangkat, Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Jakarta Sudah Masuk Asrama

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FIFA Menangguhkan Seluruh Kegiatan Sepak Bola India

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X