Mengenal Cacar Monyet, Lakukan Langkah Ini Sebagai Pertolongan Pertama

- Senin, 23 Mei 2022 | 19:52 WIB
Ilustrasi penyakit cacar monyet (James Heilman, MD/Wikimedia Commons)
Ilustrasi penyakit cacar monyet (James Heilman, MD/Wikimedia Commons)

DepokToday.com – Penyakit cacar monyet menjadi perhatian lembaga kesehatan dunia setelah muncul di 11 negara. Tercatat, saat ini 92 kasus penyakit ini telah terkonfirmasi.

Untuk di Indonesia, kasus cacar monyet atau monkeypox ini belum ditemukan,  namun penting untuk mengetahui gejala dari penyakit ini agar penanganan yang efektif dapat dilakukan.

Melansir dari Suara.com, cacar monyet merupakan penyakit dari infeksi orthopoxvirus, menurut The Conversation.

Baca Juga: Indonesia Juara Tiga SEA Games 2022, Menpora Bilang Begini

Orthopoxvirus termasuk virus pernapasan, yang dapat menyebar ke manusia tanpa kontak, kemungkinan besar dari aerosol atau tetesan udara.

Penderitan penyakit ini merasakan sejumlah gejala berupa infeksi cacar monyet, yang meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan lesi di seluruh tubuh.

"Pada apa yang disebut 'fase invasif' pertama, seseorang dapat mengalami demam, sakit tenggorokan, dan batuk," jelas spesialis penyakit menular dan ahli mikrobiologi medis di Pusat Kesehatan Universitas McGill (MUHC), Kanada, Donald Vinh.

Baca Juga: Menhub Terima Penghargaan Doktor Honoris Causa dari UGM Yogyakarta

Dalam seminggu, ruam atau lesi kulit penuh cairan atau nanah akan mulai berkembang. Masa inkubasi, atau waktu dari paparan hingga timbulnya gejala, rata-rata antara lima dan 21 hari.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Formula E Resmi Diadakan di India Tahun 2023

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:30 WIB
X