Daftar Juara Liga Europa dari Tahun 1972 Hingga 2022

- Kamis, 19 Mei 2022 | 16:02 WIB
Trofi Liga Europa yang dipajang di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, tahun 2022.(Foto: Twitter/UEFA Europa League)
Trofi Liga Europa yang dipajang di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, tahun 2022.(Foto: Twitter/UEFA Europa League)

DepokToday.com - Liga Europa adalah kompetisi antarklub Eropa kasta kedua setelah Liga Champions. Liga Europa bergulir sejak 1971 yang diselenggarakan UEFA.

Liga Europa diikuti oleh klub yang berdasarkan peringkat 5-6 di liga masing-masing dan kinerja mereka di kejuaraan domestik.

Klub peringkat tiga yang gagal lolos ke 16 besar Liga Champions juga langsung bermain di babak gugur Liga Europa di musim yang sama.

Mulanya, Liga Europa bernama Piala UEFA. Seiring berjalannya waktu, nama Piala UEFA akhirnya dirubah menjadi Liga Europa di tahun 2009 dan nama baru itu bertahan hingga sekarang.

Klub pertama yang menjuarai turnamen ini adalah Tottenham Hotspur pada tahun 1972.

Baca Juga: Juara Liga Europa, Penantian Eintracht Frankfrut Selama 42 Tahun, Pelatih: Kami Rayakan Beberapa Hari ke Depan

Baca Juga: Eintracht Frankfurt Juara Liga Europa 2022 Lewat Adu Tendangan Penalti

Daftar lengkap juara Liga Europa dari tahun ke tahun.(Foto: Twitter/UEFA Europa League)

Sejumlah klub elite Eropa seperti Inter Milan, Bayern Munchen, Juventus, Real Madrid, Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan Borussia Dortmund, pernah mengangkat trofi kejuaraan ini.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Formula E Resmi Diadakan di India Tahun 2023

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:30 WIB
X