Jadi Ikon Depok, Ternyata Ini 7 Manfaat Buah Belimbing yang Jarang Diketahui

- Rabu, 2 Februari 2022 | 16:19 WIB
Foto buah belimbing. (PIXABAY/Chrisad85)
Foto buah belimbing. (PIXABAY/Chrisad85)

DepokToday.com - Telah lama menjadi ikon Kota Depok, buah belimbing tenyata memiliki banyak manfaat kesehatan jika Anda rutin mengonsumsi buah yang punya nama latin Averrhoa Carambola.

Beberapa tahun lalu, dimana masih banyak lahan kosong dan perkembunan, buah belimbing ini masih sering untuk ditemui. Namun saat ini buah ini tidak banyak ditemui.

Buah belimbing juga sudah lama diketahui memiliki kandungan air yang tinggi. Walau tidak sepopuler buah lainnya, namun dengan mengonsumsi secara rutin, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Kota Depok Catatkan Penurunan Angka Penderita Stunting di Kota Belimbing

Melansir dari Suara.com, buah ini dipercaya mampu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan juga penyakit stroke.

"Ini adalah buah yang renyah dan berair, dengan rasa yang ringan. Kulitnya seperti lilin, kuning atau hijau, dan dapat dimakan. Buahnya memiliki biji kecil berwarna gelap, dan memiliki rasa manis-asam," ungkap Head Clinical Nutritionist dari Fortis Memorial Research Institute, Deepti Khatuja.

Selain itu, ada tujuh manfaat lain yang bisa ditemukan dari buah belimbing. Simak ulasannya yang dilansir dari Healtshots berikut ini.

1. Memiliki Serat Tinggi
Belimbing mengandung banyak nutrisi, terutama serat dengan sekitar 60 persen selulosa, 27 persen hemiselulosa, dan 13 persen pektin.

Karena mengandung serat, buah ini memiliki efek yang menguntungkan pada homeostasis glukosa, terutama untuk keseimbangan insulin dan glukagon untuk mempertahankan glukosa darah. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat mengatur sistem pencernaan untuk memperlancar buang air besar.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X