Digunakan untuk Ancam Edy Mulyadi, Apa Itu Mandau Terbang? Simak Ulasannya

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:18 WIB
Seorang suku Dayak menunjukan kekuatan mistik Mandau terbang (Foto: Instagram @keadilansemu_reborn)
Seorang suku Dayak menunjukan kekuatan mistik Mandau terbang (Foto: Instagram @keadilansemu_reborn)

DepokToday.com – Mandau, senjata asli masyarakat Kalimantan belakangan sedang menjadi bahan perbincangan. Apalagi setelah banyaknya video beredar tentang Mandau Terbang, setelah viral video tokoh adat Dayak melempar ancaman dengan mengirim mandau terbang kepada Edy Mulyadi yang telah menghina Kalimantan.

Lantas apa itu Mandau Terbang dan apa hubungannya dengan suku Dayak Kalimantan, Indonesia?

Dilansir Suara.com dari christas.dk, Mandau adalah senjata tradisional Kalimantan, Indonesia, khususnya suku Dayak. Pada masa lalu, mayoritas penduduk asli yang tinggal di pulau Kalimantan, Dayak adalah penganut animisme.

Hal yang paling mencolok adalah tradisi kuno mereka tentang praktik perburuan. Di mana orang Dayak memiliki suatu teknik perburuan akan menargetkan kepala. Untuk tujuan perburuan inilah orang Dayak menggunakan mandau.

Baca Juga: Wasekjen PA 212 Sebut Posisi Habib Rizieq Tertinggi di Dunia, Ini Buktinya

Apakah Mandau Terbang ada kaitannya dengan mistis?

Sebenarnya, Mandau Terbang ini memiliki alasan logis dalam kultur perburuan. Sebab untuk menargetkan bagian kelapa hewan buruan, Mandau harus dilemparkan. Sehingga secara hiperbolis akan disebut terbang sampai mengenai kepala hewan yang diburu.

Desain Mandau

Gagang mandau ini terbuat dari jenis kayu suci dari pohon hutan tertentu. Ada beberapa karakteristik yang berbeda dari mandau dari berbagai kelompok orang Dayak seperti Suku Dayak Maanyan, Dayak Mbalan, Dayak Bahau, dan Dayak Ngaju.

Panjang rata-rata bilah mandau adalah sekitar 50-70 sentimeter, dan memiliki tepi yang tajam. Biasanya lebar mandau adalah sekitar 4,5 cm di bagian terluas pisau, dan 3,5 cm di bagian terkecil.

Baca Juga: Makin Beringas, Tiga Anggota TNI Tewas Setelah OPM Serang Pos TNI Hari Ini

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenangan Piala FA Pertama Liverpool Sejak 2006

Minggu, 15 Mei 2022 | 21:43 WIB
X