Prodi Sp2 Orthopaedi dan Traumatologi FKUI Punya 9 Peminatan, Mulai Buka Pendataran Pada Februari 2022

- Jumat, 21 Januari 2022 | 14:22 WIB
Ilustrasi Kedokteran UI.  (Foto: Dok. Humas dan KIP UI)
Ilustrasi Kedokteran UI. (Foto: Dok. Humas dan KIP UI)

DepokToday.com – Ketua Program Studi Subspesialis (Sp2) Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Achmad Fauzi Kamal mengatakan, prodi yang dipimpinnya memiliki sembilan peminatan dengan waktu tempuh studi selama 2 tahun.

Dalam pelaksanaannya, prodi Sp2 Orthopaedi dan Traumatologi bekerja sama dengan berbagai fasilitas pendidikan maupun penelitian yang terdepan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), termasuk Rumah Sakit Pendidikan Utama RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo serta beberapa rumah sakit jejaring baik dalam maupun luar negeri.

“Program studi ini siap untuk mencetak dokter subspesialis orthopaedi dan traumatologi yang unggul dan dapat menjawab permasalahan kesehatan bangsa khususnya dalam bidangnya,” kata Fauzi melalui keterangan persnya, Kamis, 20 Januari 2022.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran UI Buka Prodi Baru, Pertama di Indonesia

Fauzi mengatakan, dengan pembukaan Prodi Sp2 Orthopaedi dan Traumatologi FKUI ini, maka Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi memiliki kesempatan untuk memperdalam keilmuannya dalam program pendidikan yang bersifat formal dan mendapatkan ijasah/sertifikat kelulusan dari universitas/institusi pendidikan setara dengan jenjang pendidikan S3 sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Universitas Indonesia atau UI (Foto: Istimewa)

“Kurikulum prodi disusun sesuai dengan kompetensi Sp2 Orthopaedi yang akan dicapai pada saat lulus dan dilakukan secara bertahap sesuai Peraturan KKI Nomor 91 tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis Orthopaedi dan Traumatologi,” kata Fauzi.

Fauzi mengatakan, Prodi Sp2 Orthopaedi dan Traumatologi FKUI akan mulai membuka pendaftaran pada periode Februari-Maret 2022 melalui SIMAK Pascasarjana UI. Penjelasan lebih lengkap terkait Program Studi Sp2 Orthopaedi dan Traumatologi FKUI dapat dilihat di kanal YouTube Medicine UI.

Baca Juga: FKUI Luncurkan Buku Kesehatan untuk Penerbangan Jamaah Haji

Universitas Indonesia membuka program studi baru dibawah Fakultas Kedokteran yang diklaim sebagai prodi pertama di Indonesia yakni Prodi Subspesialis (Sp2) Orthopaedi dan Traumatologi.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenangan Piala FA Pertama Liverpool Sejak 2006

Minggu, 15 Mei 2022 | 21:43 WIB
X