Heran Terpapar Covid-19 Walau Tak Pernah Kontak dengan Pasien Positif, Begini Penjelasan Ahli

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:10 WIB
Ilustrasi, penanganan pasien COVID-19  (Foto: Istimewa)
Ilustrasi, penanganan pasien COVID-19 (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Penularan Covid-19 masih terjadi hingga saat ini. Namun, tidak sedikit dari kalian yang mungkin merasa heran karena terpapar virus asal China itu namun tidak pernah melakukan kontak dengan orang yang positf sebelumnya.

Nah, berikut ini merupakan penjelasannya. Sejumlah kemungkinan bisa saja terjadi, sebab orang yang terkena Covid-19 ini memiliki kecendrungan lebih menulari ke yang lain 2-3 hari sebelum mereka mengembangkan gejala

Melansir dari Suara.com, hal ini disebut merupakan pra gejala. Seorang individu pra-gejala di sekitar yang menular sebagai individu yang terinfeksi dengan gejala dan mampu menyebarkan infeksi.

Baca Juga: Tak Hanya Kalahkan Arsenal, Dua Gol Diogo Jota Bawa Liverpool Hadapi Chelsea di Final Piala Liga Inggris

Jika berada dalam jarak dekat dengan individu yang terinfeksi Covid-19, Anda akan mudah tertular. Virus corona menyebar melalui partikel cairan kecil dari batuk, bersin, atau pernapasan orang yang terinfeksi dalam jarak dekat.

Begitu seseorang bersentuhan dengan partikel cairan yang ada di udara, virus masuk ke tubuh orang yang tidak terinfeksi melalui mata, hidung dan/atau mulut. Kemungkinan terkena infeksi ini meningkat ketika berada di tempat dalam ruangan yang berventilasi buruk atau ramai.

Ilustrasi, penanganan pasien COVID-19 (Foto: Istimewa)

Orang tanpa gejala

Setiap orang yang memiliki Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala dikatakan tanpa gejala. Orang-orang ini sendiri tidak sadar membawa virus di dalam diri mereka.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X