WHO Benarkan Varian Omicron Tak Separah Delta, Namun Tetap Parah Bagi Kelompok Ini

- Kamis, 13 Januari 2022 | 12:46 WIB
Ilustrasi varian Omicron (Foto: Istimewa)
Ilustrasi varian Omicron (Foto: Istimewa)

DepokToday - Tidak seperti varian Delta yang mampu menyebabkan penderitanya mengalami gejala yang parah, bahkan hingga menyebabkan banyak warga dunia meninggal dunia, varian Omicron disebut lebih ringan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga telah menyampaikan hal tersebut. Namun, bukan berarti varian Omicron tidak bisa membuat penderitanya mengalami gejala serius.

WHO Menyampaikan, kelompok mereka yang kemungkinan lebih besar menerima gejala yang parah. Seperti kelompok mereka yang belum menerima vaksinasi Covid-19

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Bupati Abdul Rupanya Miliki Harta Mencapai Puluhan Miliar Rupiah

Melansir dari Suara.com, WHO beranggapan virus varian Omicron lebih ringanterlihat dari meningkatnya pasien rawat inap di rumah sakit di sebagian besar negara, tapi tidak separah gelombang pandemi sebelumnya akibat varian Delta.

"Hal ini mungkin disebabkan oleh berkurangnya keparahan Omicron, serta kekebalan yang meluas dari vaksinasi atau sudah terinfeksi Covid-19 sebelumnya," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam pidato konferensi persnya, Rabu, (12/1/2022).

Meski begitu Tedros menegaskan, bukan berarti varian Omicron tidak berbahaya. Varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini dipastikan tetap berbahaya, khususnya bagi mereka yang tidak divaksinasi.

Baca Juga: Keras! Begini ‘Tradisi’ Penyambutan Napi di Rumah Tahanan Militer, Pangkat Tak Berlaku

"Tetapi mari kita perjelas, meskipun Omicron menyebabkan gejala lebih ringan daripada Delta, ia tetap merupakan virus yang berbahaya, terutama bagi mereka yang tidak divaksinasi," jelas Ghebreyesus.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSG Rebut Kembali Posisi Teratas Ligue 1 Prancis

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:00 WIB

Hasil Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen: Skor 4-0

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X