'Keputihan' Pada Pria Ternyata juga Bisa Terjadi, Begini Tandanya

- Selasa, 11 Januari 2022 | 14:45 WIB
Ilustrasi penis yang mengalami keputihan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi penis yang mengalami keputihan (Foto: Istimewa)

DepokToday - Keputihan pada umumnya terjadi pada kaum hawa. Gangguan ini biasanya datang degan ditandai keluarnya cairan dari vagina menjelang atau usai menstruasi. Nah, ternyata kondisi 'keputihan' ini bisa juga terjadi kepada lelaki.

Namun tunggu dulu, keputihan yang dimaksud ini bukanlah keputihan yang umum seperti terjadi pada wanita. Keputihan yang dimaksud ini merupakan kondisi cairan yang keluar dari penis namun bukan sperma. Keluarnya cairan ini ternyata merupakan tanda penyakit atau infeksi seperti kencing nanah

Melansir dari Suara.com, selama ini dalam ilmu kedokteran, tidak ada istilah keputihan pada laki-laki. Tetapi yang perlu menjadi informasi, infeksi kencing nanah menyebabkan penis mengeluarkan cairan keruh, seperti vagina saat terjadi keputihan.

Baca Juga: Dikerjakan Akhir Tahun, Pengerjaan Gorong-gorong di Depok Dikeluhkan Warganet: Jadi Biang Macet

Dikutip dari situs Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) Indonesia, keadaan yang normal pada kelamin laki-laki harus kering dan tidak basah.

"Infeksi kencing nanah ini dapat terjadi pada laki-laki yang berhubungan seksual dengan perempuan yang sudah terkena keputihan akibat infeksi bakteri atau jamur," jelas dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Hanny Nilasari.

Sama seperti perempuan, infeksi pada laki-laki juga dapat disebabkan oleh bakteri gonorrhoeae, klamidia, atau trikomonas. Ciri-cirinya yaitu,keluar cairan seperti nanah dari kemaluan disertai rasa gatal pada alat kelamin. Penderita juga mengeluhkan rasa perih saat buang air kecil.

Baca Juga: Krimsus Periksa Diskominfo Depok Terkait Retweet Ajakan Buru Keluarga Polisi

Sedangkan infeksi yang disebabkan jamur candida albicans, gejalanya berupa rasa nyeri disertai gatal dan kemerahan pada kulit selubung dan kepala penis, serta skrotum.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punya Masalah Dengan Karat, Simak 5 Tips Berikut

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:00 WIB

"Nole, Kamu Adalah Kebanggan Serbia"

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:06 WIB

Selamat Datang di India Skuat Timnas Indonesia Wanita

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:33 WIB
X