Menyingkap Hubungan Rutin Meminum Kopi dengan Disfungsi Ereksi, Benarkah Berpengaruh? Ini Penjelasannya

- Senin, 10 Januari 2022 | 06:32 WIB
Ilustrasi manfaat meminum kopi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi manfaat meminum kopi (Foto: Istimewa)

DepokToday - Kopi menjadi salah satu minuman dengan jumlah penggemar terbanyak di seluruh dunia, meminum kopi secara rutin juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa dirasakan penikmatnya.

Ya, menyeruput kopi di waktu tertentu sudah biasa dilakukan sebagian orang. Mulai dari pagi, siang hingga malam hari, meminum kopi menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan penggemarnya. Sejumlah pengetahuan tentang manfaat meminum kopi  semisal meningkatkan energi, membantu fokus, dan juga meningkatkan kesehatan sudah diketahui sejak dulu.

Namun, selama ini ternyata ada juga yang beranggapan jika meminum kopi pada pagi hari bisa menurunkan risiko disfungsi ereksi. Sejumlah anggapan itu dijelaskan dari penelitian yang dikembang ilmuan belakangan ini. Berikut penjelasnnya.

Baca Juga: Arema FC Jegal Bhayangkara FC, Persib Masih Aman di Puncak Klasemen BRI Liga 1

Menlansir dari Suara.com, sebuah penelitian menemukan bahwa lelaki yang mengonsumsi antara 85-170 miligram kafein per hari, 42 persen lebih kecil mengalami disfungsi ereksi.

Di samping itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa asupan kafein dapat berpengaruh positif terhadap kesuburan lelaki. Meski tinjauan lain menemukan asupan kafein berdampak negatif bagi reproduksi lelaki, namun penelitian masih terus dilanjutkan untuk menentukan apakah kafein berpengaruh negatif pada kesuburan lelaki atau sebaliknya.

Kopi hitam yang memiliki banyak manfaat (foto Istimewa)

Selain meningkatkan kesuburan dan menurunkan disfungsi ereksi, kopi juga meningkatkan kadar testosteron pada lelaki. Penelitian menunjukkan, lelaki yang rutin mengonsumsi kafein berkafein memiliki kadar testosteron lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Selain manfaat untuk seksual, kopi disebut juga baik untuk kesehatan jantung, di mana kopi dikaitkan dengan risiko gagal jantung yang lebih rendah. Sebab, kopi punya sumber kaya antioksidan, yang dapat melindungi pembuluh darah dan mengurangi kerusakan jantung yang disebabkan oleh kolesterol.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punya Masalah Dengan Karat, Simak 5 Tips Berikut

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:00 WIB

"Nole, Kamu Adalah Kebanggan Serbia"

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:06 WIB

Selamat Datang di India Skuat Timnas Indonesia Wanita

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:33 WIB
X