Perhatikan! Ini Gejala Kekurangan Vitamin B12 yang Terlihat pada Telinga dan Kepala

- Selasa, 4 Januari 2022 | 15:28 WIB
Ilustrasi kekurangan vitamin B12 (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kekurangan vitamin B12 (Foto: Istimewa)

DepokToday - Kondisi kekurangan vitamin B12 biasanya berlangsung setelah terjadinya tindakan operasi. Semisal mengatasi masalah kesehatan usus atau lainnya.Terjadinya kadar vitamin B12 berlangsung ketika bagian usus yang dikeluarkan selama prosedur untuk menyerap beberapa vitamin B12 dari makanan.

Namun, sejumlah kondisi ini bisa menandakan anda kekurangan vitamin B12. Kondisi ini tentunya harus dideteksi lebih cepat agar tidak terjadi keluhan yang menyebabkan penyakit lebih parah.

Mengutip dari Suara.com, salah satu tindakan medis yang menyebabkan kekurangan vitamin B12, ketika seseorang melakukan ileostomi, di mana usus kecil dialihkan melalui lubang di perut atau stoma, kotoran tubuh akan dikumpulkan dalam kantong khusus yang tidakakan melewati usus besar dan rektum.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Varian Omicron Indonesia Bertambah, Kementerian Kesehatan Ambil Langkah Antisipasi Lonjakan

Prosedur ini membuat usus kecil membutuhkan waktu untuk sembuh setelah operasi dan terkadang peradangan juga perlu diredakan. Tapi, salah satu komplikasi dati tindakan medis itu adalah kekurangan vitamin B12.

"Beberapa orang yang sudah menjalani ileostomi akan mengalami penurunan kadar vitamin B12 secara bertahap," kata NHS dikutip dari Express.

Penurunan kadar vitamin B12 ini diperkirakan terjadi karena bagian usus yang dikeluarkan selama prosedur bertanggung jawab untuk menyerap beberapa vitamin B12 dari makanan.

Baca Juga: Nekat Banget, Grafiti Bernada Kecaman untuk Kim Jong Un Muncul di Korut, Begini Isinya

Penurunan kadar vitamin B12 akan menyebabkan anemia pernisiosa, yang dapat muncul dengan sendirinya sebagai gejala yang dialami di kepala dan telinga.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSG Rebut Kembali Posisi Teratas Ligue 1 Prancis

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:00 WIB

Hasil Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen: Skor 4-0

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X