Begini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung berdasarkan Penyebabnya

- Senin, 27 Desember 2021 | 08:05 WIB
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)

DepokToday - Kondisi perut yang kembung menjadi masalah banyak orang. Nah, beruntung saat ini sudah banyak pengetahuan untuk mengatasi perut kembung

Namun, agar tepat dalam penanganannya , perlu diketahui secara pasti apa penyebab dari kondisi perut kembung tersebut.

Berikut ini cara mengatasi perut kembung sesuai dengan penyebabnya yang dilansir dari Suara.com, Senin 27 Desember 2021.

1.Perut kembung karena menelan udara

Menelan udara dapat menyebabkan perut kembung. Untuk mengobati perut kembung karena menelan udara bisa dengan menghindari berbaring setelah makan karena gas dari lambung masuk ke usus lebih mudah dalam posisi ini.

2.Karena karbohidrat yang diserap dengan buruk

Kondisi pada perut ini juga dapat disebabkan oleh karbohidrat yang diserap dengan buruk. Adapun cara mengetasi perut kembung karena ini yaitu dengan mengunyah makanan dengan hati-hati atau perlahan. Selain itu, diet juga dianggap dapat mengatasi perut kembung.

Baca Juga: Semifinal Piala Suzuki AFF 2020: Thailand Vs Vietnam Rasa “Perang”

3.Karena mengonsumsi makanan berlemak tinggi

Makan makanan berlemak tinggi dapat menghasilkan sejumlah besar karbondioksida sehingga kondisi pada perut ini terjadi. Adapun cara mengatasi perut kembung karena ini yaitu dengan makan lebih sedikit dan lebih sering daripada tiga kali makan besar. Selain itu, hindari makanan tinggi lemak juga ampuh mengatasinya.

Baca Juga: Penganiaya Tak Ditahan, Tagar Percuma Lapor Polisi Kembali Menggema

4.Karena kondisi kesehatan

Ketika seseorang mengalami kondisi ini, tes laboratorium dan rontgen pertama dilakukan untuk menyingkirkan adanya penyakit medis. Kanker kolorektal sering muncul dengan gejala sakit perut dan kembung serta membutuhkan tes atau pemeriksaan.

Penyakit seliaka dan penyakit radang usus salah satunya tandanya yaitu kembung. Untuk membedakan antara penyakit serupa, selalu mencari perawatan dari spesialis gastroenterologi atau ahli kesehatan. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

X