Hakeem Olajuwon, Atlet NBA yang Sulap Gedung Perbankan Jadi Masjid

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 11:01 WIB
Hakeem Olajuwon (Foto: Istimewa)
Hakeem Olajuwon (Foto: Istimewa)

DepokToday- Hakeem Olajuwon, mantan atlet NBA ternyata memiliki jasa yang cukup besar dalam perkembangan Islam di Amerika. Salah satunya adalah membeli sebuah gedung perbankan nasional Haouston untuk dijadikan masjid.

Data yang dihimpun menyebutkan, bangunan masjid tersebut diberi nama Al Da’wah. Selain sebagai tempat ibadah, gedung tersebut dijadikan markas Islam yang setiap pekannya menyambut umat muslim dari berbagai kelompok masyarakat.

Menurut catatan Kantor Berita Internasional Al-Quran, markas islam al-Da’wah sebelumnya adalah sebuah gedung perbankan nasional Houston. Pada tahun 1994 gedung tersebut dibeli oleh Hakeem Olajuwon, pemain basket muslim Amerika, dan dirubah menjadi masjid atau markas Islam.

Tempat itu memiliki staf dari berbagai negara, seperti Tunisia, Mesir, Yordania, dan Meksiko. Berlokasi di Franklin, Kota Houston, gedung itu buka pada Senin – Jumat, dari pukul 09:30 pagi waktu setempat sampai 17:30 dan terbuka untuk kunjungan umum.

Baca Juga: Krisis Air, Santri Ponpes Ini Harus Wudhu Gunakan Air Bekas Cuci Kaki

Menurut pengumuman situs khou, dalam sepanjang tahap pembangunan gedung untuk merubah ke markas Islam ini, diupayakan esensi sejarahnya juga terjaga, semisalnya brankas tembok bank terjaga dan dirubah menjadi ruang penjualan hadiah-hadiah klasik dan oleh-oleh kebudayaan seantero dunia untuk dipakai para pengunjung.

Hakeem Olajuwon dan Markas Islam


Markas Islam al-Da’wah sekarang ini adalah manifestasi arsitek indah yang mencakup atap kubah warna keemasan di dalam gedung, ruang-ruang indah pualam dan interior luar dengan batu gamping.

Gedung histori ini memiliki urgensi khusus untuk masyarakat multi budaya dan penduduk markas Kota Houston.

Baca Juga: Ini Amalan Hidup Parsan, Warga Depok yang Wafat Saat Salat Jumat

Amir Abu Halimah, Direktur Markas Islam al-Da’wah terkait aktivitasnya mengatakan, tugas markas Islam al-Da’wah adalah mendorong para penganut berbagai agama untuk melakukan dialog dan saling mengenal satu sama lain, dan demikan juga mengenalkan para non muslim dengan budaya dan sejarah Islam.

-
Markas Islam Al Dawah di Amerika (Foto: Istimewa)

Selain melayani umat muslim, mereka di sini juga memberikan pelayanan gratis lainnya, seperti perpustakaan dan museum guna memperkenalkan Islam kepada masyarakat.

Sejumlah program seperti pertemuan ceramah, pertemuan dengan para penulis dan konferensi memperingati para cendekiawan muslim termasuk aktivitas lain markas ini. (rul/*)

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

FIFA Menangguhkan Seluruh Kegiatan Sepak Bola India

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X