Diklaim Efektif, Angkatan Darat AS Kembangkan Vaksin COVID, Diuji ke Monyet Hasilnya Begini

- Jumat, 24 Desember 2021 | 09:01 WIB
Ilustraai suntuk vaksin. (Foto Istimewa)
Ilustraai suntuk vaksin. (Foto Istimewa)

DepokToday - Berbagai pihak terus mengembangkan dan mencari tau cara pencegahan penularan COVID-19 yang efektif. Baru-baru ini Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) mengembangkan vaksin yang diklaim mampu melawan semua varian virus corona.

Vaksin yang diberi nama Spike Ferritin Nanoparticle (SpFN) ini tengah diuji coba kepada manusia. Melansir dari Sindonews.com, uji coba fase I pada manusia dimulai pada April 2021 terhadap 72 orang untuk mengetahui efektivitas Vaksin SpFN.

Sebelumnya dari studi laboratorium menunjukkan bahwa vaksin baru ini mampu melindungi monyet paparan virus COVID-19 dan menginduksi respons antibodi yang sangat kuat terhadap berbagai varian utama yang muncul selama pandemi.

"Strategi kami adalah mengembangkan teknologi vaksin 'pan-coronavirus' untuk memberikan perlindungan yang aman, efektif, dan tahan lama terhadap berbagai jenis dan spesies virus corona," kata Kayvon Modjarrad, MD, salah satu penemu vaksin SpFN dan direktur Emerging Cabang Penyakit Menular di Institut Penelitian Angkatan Darat Walter Reed.

Baca Juga: Tolong Bocah Depok, Risma Blak-blakan Akui Dana Kemensos Terbatas

Modjarrad menjelaskan, pengulangan yang teratur dan lonjakan protein pada virus corona pada nanopartikel multifaset dapat merangsang kekebalan. Vaksin ini menerjemahkan ke dalam perlindungan yang lebih luas secara signifikan.

Vaksin SpFN, menurut artikel di situs berita keamanan nasional Defense One, menggunakan protein berbentuk seperti bola sepak. Masing-masing dari 24 wajah molekul berbeda dapat membawa protein berbeda yang diambil dari varian unik COVID-19. “Ini menciptakan respons imun yang luas terhadap virus corona,” tulis Defense One.(lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Kemenangan Piala FA Pertama Liverpool Sejak 2006

Minggu, 15 Mei 2022 | 21:43 WIB
X