Bicara Tentang Nabi, Habib Bahar Sebut Rokok Bisa Haram, Ini Sebabnya

- Rabu, 22 Desember 2021 | 15:00 WIB
Habib Bahar bin Smith. Ilustrasi soal adab rokok. (Foto: Instagram)
Habib Bahar bin Smith. Ilustrasi soal adab rokok. (Foto: Instagram)

DepokToday- Ceramah Habib Bahar bin Smith kembali jadi sorotan publik. Kali ini ia tak membahas soal Jenderal Dudung, melainkan soal adab atau hukum Islam tentang rokok. Lantas seperti apa isi dakwah ulama yang dikenal nyentrik tersebut?

Dalam video yang beredar di media sosial, salah satunya diposting akun Instagram @ orde.salaf, Habib Bahar tak menampik jika banyak ulama berbeda pendapat tentang hukum merokok dalam Islam.

Ada yang menganggap haram namun ada pula yang menilainya makruh (dilarang namun tidak terdapat konsekuensi bila melakukannya).

“Ya kita ambil makruh ajalah karena saya juga perokok. Kenapa rokok makruh, rokok makruh karena bikin bau mulut, sama kaya bawang merah, bawang putih itu makruh, jengkol, petai, itu makruh,” jelasnya dikutip DepokToday.com pada Rabu, 22 Desember 2021.

“Karena ibu-ibu, bapak-bapak abis makan bawang putih, abis makan jengkol, mulutnya bau masuk masjid itu hukumnya makruh,” sambungnya.

Baca Juga: Dituntut 2,5 Tahun Penjara, Eks Karutan Depok Pernah Begini ke Napi

Namun kata Habib Bahar rokok yang tadinya makruh bisa juga menjadi haram.

“Apa yang menyebabkannya? Banyak kita orang yang ngak punya akhlak sama nabi, nggak punya adab sama sunah-sunah nabi. Pasang adab, pas baca maulid jangan ngobrol, jangan ngerokok. Lagi baca maulid ngerokok, itu haram,” ujarnya.

-
Habib Bahar (Foto: Istimewa)

Habib Bahar menjelaskan, dalam keyakinan ahlussunnah wal jamaah, nabi akan hadir ketika umatnya melaksanakan kegiatan maulid.

“Makanya kita berdiri karena kita yakin Nabi Muhammad hadir. Tapi gimana mau lihat nabi, kalau tiap hari mata lihat cabe-cabean, lihat aurat, kamu tidak bisa lihat nabi, tapi yakini Nabi Muhammad melihat kita.”

Habib Bahar Sebut Nabi Tak Akan Hadir Gegara Rokok


Kemudian, lanjut Habib Bahar, bisa juga saat baca maulid, nabi tidak hadir. Sebab ada beberapa hal yang dianggap tidak sesuai adab.

“Nabi nggak akan hadir kalau di dalam peringatan maulid itu ada perkara-perkara yang dibenci nabi. Contoh, pas baca maulid bercampur laki perempuan tak ada pemisah. Kemudian, lagi baca maulid ada yang ngerokok, nabi nggak bakal hadir. Jangankan ngerokok, bawa rokok aja nabi nggak hadir,” katanya dengan nada tegas.

Baca Juga: Pasukan Khusus, Tameng Bernyawa Habib Bahar Hingga Jawara Depok

“Kalau mau ngerokok jangan gabung dulu pas maulid. Baiknya pasang wangi-wangian. Karena nabi suka yang wangi. Kalau ada ustad, habib ngerokok di masjid itu haram, nggak boleh ngerokok di masjid. Tidak ada satu kitab pun yang membolehkan merokok di masjid,” timpalnya lagi. (rul/*)

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

Mengenal Stunting, Dampak, dan Cara Mencegahnya

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:05 WIB

Lima Tips Aman Naik Sepeda Sampai Tujuan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:33 WIB

5 Cara Berhenti Main Slot yang Bikin Kecanduan

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:45 WIB
X