Hati-Hati! Konsumsi Makanan Enak Ini Bisa Picu Kista Ovarium Lho

- Rabu, 22 Desember 2021 | 13:31 WIB
Ilustrasi Kista Ovarium (Foto Istimewa)
Ilustrasi Kista Ovarium (Foto Istimewa)

DepokToday - Mengidap kista merupakan salah satu hal yang ditakutkan oleh kaum hawa. Pasalnya jika tidak segera ditangani kista bisa bersifat kanker.

Kista ovarium merupakan kantong berisi cairan yang tumbuh pada indum telur (ovarium) wanita. Kista biasanya muncul selama masa subur atau selama mengalami menstruasi.

Gejala utama penyakit ini adalah benjolan yang tumbuh pada bagian tubuh tertentu, yang letaknya tergantung kepada jenis kista yang dialami. Benjolan dapat tumbuh di wajah, leher, dada, punggung, kulit kepala, telapak tangan, dan telapak kaki.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, bisa terkait siklus menstruasi maupun akibat pertumbuhan sel yang tidak normal.

Walaupun terdapat pertumbuhan sel yang abnormal, biasanya kista ovarium bersifat jinak, tapi ada juga yang bisa berkembang menjadi ganas.

Untuk mencegahnya, kamu harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Jangan sembarangan memilih makanan yang belum terjamin kebersihannya.

Berikut ini beberapa makanan enak yang bisa menjadi penyebab penyakit ini, seperti dilansir superfoodsanctuary.com.

Pertama, daging merah bisa menjadi penyebab penyakit ini. Hindari konsumsi daging merah, seperti daging babi, daging sapi, dan daging kambing secara berlebihan.

Makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan kista ovarium adalah gorengan. Pasalnya, minyak nabati olahan yang digunakan untuk menggoreng adalah buatan dan mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu hormon.

Baca Juga: Wah Ternyata Begini Caranya, Perut Buncit Bisa Kempes Tanpa Olahraga

Selanjutnya makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh juga harus dihindari. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Terakhir, gula rafinasi adalah salah satu makanan terburuk dalam hal penyakit ini. Gula rafinasi atau gula kristal putih adalah gula mentah yang telah mengalami proses pemurnian untuk menghilangkan molase sehingga gula rafinasi berwarna lebih putih dibandingkan gula mentah yang lebih berwarna kecokelatan.

Gula rafinasi bisa menyebabkan ketidakseimbangan yang sangat besar pada tingkat hormonal yang menyebabkan pembentukan penyakit ini.

Nah, itulah makanan yang harus kamu hindari untuk mencegah penyakit kista ovarium. Semoga bermanfaat. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

PSG Rebut Kembali Posisi Teratas Ligue 1 Prancis

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:00 WIB

Hasil Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen: Skor 4-0

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X