Tak Sekedar Mitos, Hindari Warna Pakaian Ini ketika Membuat SIM, Jangan Sampai Begini Akhirnya

- Selasa, 21 Desember 2021 | 09:10 WIB
Ilustrasi SIM C (Istimewa)
Ilustrasi SIM C (Istimewa)

DepokToday - Tidak hanya menjalan sejumlah tes. Ketika membuat SIM, pilihan warna baju ternyata bisa menentukan anda ditegur atau tidak oleh petugas.

Pilihan warna baju menjadi krusial ketika Anda difoto sebagai identitas di dalam SIM. Ini bukan sekedar mitos, sebab aturan ini sebetulnya sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Setidaknya ada dua warna yang seharusnya dihindari dari pemohon SIM. Dua warna ini merupakan warna yang mampu mengaburkan foto identitas SIM Anda.

Melansir dari Motorplus-online.com, ketika saat foto untuk SIM ini ada aturannya yang wajib ditaati.

Tdak boleh bisa sembarangan, harus tepat dalam pemilihan pakaian saat membuat SIM.

Kasubdit SIM Korlantas Polri Kombes Pol Djati Utomo menganjurkan kepada masyarakat yang membuat SIM untuk tidak memakai pakaian berwarna biru dan putih.

"Iya betul sekali, karena nanti tidak akan bisa bagus di foto SIM-nya. Sebaiknya pakai jilbab atau pakaian gelap," ujar Djati dikutip dari Gridoto.com.

Baca Juga: Pakai Tangan Kosong, Begini Cara Muhammad Ali Bebaskan Sandera di Irak

Djati menjelaskan, hal tersebut karena warna objek dengan background kepolisian RI adalah sama, yaitu biru. Jadi saat dilakukan adjustment, akan terjadi timpang tindih.

"Sebetulnya latar belakang di ruang foto tetap biru namun setelah disesuaikan di aplikasi menjadi latar putih," ungkapnya.

Sebagai informasi, membuat SIM atau melengkapi diri dengan SIM merupakan salah satu dokumen wajib yang dimiliki setiap pengguna kendaraan bermotor di jalan.

Bahkan, kepemilikannya ini tercantum dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang LLAJ.

Pengendara yang tidak menunjukkan SIM, dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

X