Kenali Bahaya Usus Kotor, Gejala dan Cara Alami Menyembuhkannya

- Selasa, 21 Desember 2021 | 08:00 WIB
Gejala usus kotor (Foto: Istimewa)
Gejala usus kotor (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sisa-sisa makanan yang menyebabkan racun akan membuat usus menjadi kotor. Dan itu ternyata bisa masuk ke dalam darah melalui saluran limfa. Hal ini bisa berdampak fatal bagi kesehatan. Untuk menghindari kondisi itu, baiknya kenali dulu gejala yang ditimbulkan.

Melansir hellosehat.com, racun sisa makanan yang mengotori usus akan mengakibatkan seseorang cepat lelah, sistem kekebalan tubuh menurun, dan berisiko mengalami penyakit infeksi.

Lantas bagaimana cara mengetahui usus kotor? Berikut ulasan yang berhasil dirangkum DepokToday.com pada Selasa, 21 Desember 2021.

Baca Juga: Susu Almond Bikin Anak Cerdas dalam Seminggu, Nih Cara Olahnya

Adapun tanda atau ciri-ciri usus seseorang kotor dapat dilihat dari beberapa gejala yang ditimbulkan, di antaranya seperti ini:

1.Susah buang air besar

Usus juga butuh nutrisi dari apa yang kita makan yaitu vitamin, mineral, dan serat. Kekurangan ini bikin usus kotor dan proses pencernaan melambat bikin Susah BAB

2.Jerawat dan bekas jerawat susah hilang

Usus yang kotor membuat sistem hormon tidak seimbang, reaksi peradangan berlebihan, dan proses regenerasi kulit melambat jadi kulit gampang jerawatan dan bekasnya susah hilang.

Baca Juga: Wali Kota Depok Tidak Tutup Tempat Wisata Saat Nataru, Tapi…

3.Gampang lapar

Usus kotor bikin hormon lapar-kenyang tidak seimbang. selain itu, bakteri usus jahat juga ikut mengeluarkan kimia yang meningkatkan produksi hormon lapar, jadinya kepingin makan terus dan tidak kenyang-kenyang.

4.Sering pegal terutama saat bangun tidur

Usus kotor bikin nutrisi untuk seluruh tubuh ga bisa terserap dengan baik. Otot-otot yang abis digunakan seharian nggak bisa cepat menghilangkan asam laktat yang numpuk dan masuk energi baru jadi gampang bikin pegal terutama saat bangun tidur.

Gejala Usus Kotor Salah Satunya Gampang Masuk Angin


5.Malas bergerak dan beraktivitas

Gejala berikutnya adalah bikin malash bergerak. Nah usus kotor bikin nutrisi ke otak juga terhambat. Otak jadi kurang aktif dan mood jadi down terus. Bakteri usus yang jahat juga ikutan keluarin kimia yang bikin mood jadi malas dan ga pingin beraktivitas sama sekali.

6.Tidak fokus dan susah berpikir

Setiap sel saraf butuh mineral buat bantu meneruskan rangsangan ke sel saraf lainnya. Usus kotor juga bikin kekurangna mineral yang dibutuhkan untuk kinerja sel saraf tetap aktif, akhirnya otak juga jadi susah mikir dan gagal fokus.

Baca Juga: Bertaruh Nyawa, Aksi Heroik Polantas Depok Ini Bikin Netizen Baper

7.Gampang masuk angin

Bakteri Usus jahat akan membuang kimia2an dan Gas2an yang menumpuk di rongga pencernaan, jadi perut akan terasa kembung dan masuk angin. Kalau dibiarin, bakal lebih sering lagi dan jadi makin gampang masuk angin.

Penyebab Usus Kotor

1.Terlalu banyak makan gorengan, MSG, processed food, dan pemanis buatan

2.Terlalu sering terpapar udara kotor, zat kimia, dan polusi (toksin)

3.Pola diet yang salah (diet tanpa olahraga, diet hanya makan buah, dll)

4.Stress berlebihan dan tidur yang tidak teratur sehingga membuat gampang lapar

Cara Menyembuhkan dengan Bahan Alami


Untuk mengatasi sederet persoalan di atas, pendakwah sekaligus dokter yang terkenal dengan ramuan herbal, dr. Zaidul Akbar punya cara ampuh yang hanya bermodalkan bahan-bahan alami.

1.Banyak minum air putih. Cara membersihkan usus kotor yang paling mudah adalah mengonsumsi minimal 8 gelas air hangat per hari.

2.Mengonsumsi air garam.

3.Manfaatkan yogurt.

4.Makan banyak serat.

5.Minum jus atau smoothie sayur dan buah.

6.Mengonsumsi lebih banyak zat pati.

7.Minum teh herbal. Contohnya : Kelor, Rosela, Meniran, Secang, dll. (rul/*)

 

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

Kereta Api Makassar-Parepare Siap Dioperasikan

Senin, 30 Januari 2023 | 18:50 WIB

Rekap Hasil dan Jadwal BRI Liga 1 2022-2023 Hari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:36 WIB
X