Ngeri, Bukan Cuma Kobra, Kini Raja Ular Tikus Masuk Rumah Warga Depok

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 06:00 WIB
Ular jenis King Coros yang masuk ke rumah warga Depok (Foto: dok Damkar Depok)
Ular jenis King Coros yang masuk ke rumah warga Depok (Foto: dok Damkar Depok)

DepokToday- Beberapa pekan terakhir ini, petugas Damkar Kota Depok kembali disibukan dengan laporan ular yang masuk ke rumah warga. Adapun ular yang kerap ditemukan di antaranya, jenis Kobra dan Piton.

Nah yang mengejutkannya, ternyata baru-baru ini, petugas Damkar mendapati ular jenis King Coros atau yang biasa disebut raja ular tikus.

Kabid Pengendalian dan Operasional Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, mengungkapkan, ular King Coros ditemukan pihaknya berdasarkan laporan dari warga Cilodong, Depok.

“Ular tersebut berhasil dievakuasi tim dari dalam rumah warga di wilayah Cilodong,” katanya dikutip pada Sabtu, 11 Desember 2021.

Baca Juga: Dituding Menjatuhkan TNI, Begini Jawaban Menohok Hillary Brigitta

Ular tersebut, lanjut Welman, ditemukan sedang berada di plafon rumah warga. Adapun panjangnya mencapai lebihd ari satu meter. Guna penanganan selanjutnya, ular itu kemudian dibawa ke Markas Damkar Depok dan akan dilepas liarkan di habitat aslinya yang jauh dari pemukiman warga.

Tentang Raja Ular Tikus di Rumah Warga Depok


Menurut data wikipedia, King Coros atau yang biasa disebut ular tikus raja adalah salah satu jenis ular terbesar di dunia. Panjang tubuhnya bisa mencapai 4 meter, tetapi spesimen yang sering ditemukan hanya berukuran panjang 1.21 hingga 2.75 meter.

Biasanya, ular jantan lebih besar dari ular betina. Tubuh bagian depan berwarna kelabu kecokelatan dengan bercak-bercak menyerupai belang berwarna keputihan, sedangkan pada tubuh bagian belakang berwarna kehitaman dengan bercak-bercak belang putih yang sama seperti pada tubuh bagian depan.

Baca Juga: Hiiii, Lagi-lagi Ular Kobra Masuk Rumah Warga Depok, Kini Nongol di Dapur

Bagian bawah leher berwarna keputihan atau krem, sedangkan bagian bawah perut berwarna abu-abu gelap. Sekilas, ular ini tampak mirip dengan Ular Anang berbisa

Habitat utama ular-tikus raja adalah daerah hutan dan lahan pertanian, dari dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter DPL. Aktif pada siang hari dan berkelana di tanah, tetapi juga mampu memanjat pohon.

Baca Juga: Bertambah! P2TP2A Sebut Korban Cabul HW Ternyata 21 Santriwati

Seperti namanya, ular ini secara alamiah menyukai tikus sebagai makanan utamanya. Namun sering juga ular ini memangsa ular ular lain, termasuk ular yang berbisa tinggi dan mematikan.

Oleh karena itulah, ular ini mendapat gelar sebagai Raja ular yang tak berbisa, seperti halnya ular raja Amerika / Lampropeltis. Dan hebatnya, racun atau bisa dari ular lain seperti Kobra dan jenis ular Welang Weling yang sangat mematikan bagi manusia, sama sekali tidak berefek kepada ular ini. (rul/*)

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

X