Liga Champions: Barcelona tak Lolos, Benfica, Lille & Salzburg ke 16 Besar

- Kamis, 9 Desember 2021 | 19:32 WIB
Pemain Barcelona diapit dua pemain Bayern Munchen.(Foto: Twitter/Barcelona)
Pemain Barcelona diapit dua pemain Bayern Munchen.(Foto: Twitter/Barcelona)

DepokToday-Barcelona tersingkir dari Liga Champions UEFA 2021-2022 di babak penyisihan grup untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun.

Barcelona tak lolos ke 16 besar karena menelan kekalahan atas Bayern Munchen dengan skor 3-0, Kamis 9 Desember 2021 dini hari WIB.

Sementara itu, juara Prancis, Lille, dan Red Bull Salzburg semuanya lolos ke babak 16 besar. Sedangkan salju di Italia Utara memaksa penundaan pertandingan menentukan antara Atalanta melawan Villarreal.

Barcelona memulai hari di tempat kedua di Grup E tetapi harus menang tandang ke Bayern Munich untuk memastikan lolos, jika tidak mereka berisiko disusul oleh Benfica.

Pasukan Xavi Hernandez dikalahkan oleh Bayern yang sudah memenuhi syarat yang membuat enam kemenangan dari enam laga, dengan sundulan Thomas Mueller pada menit ke-34.

Pertandingan itu dimainkan secara tertutup di Allianz Arena karena pembatasan virus corona di Bavaria, tetapi itu tidak membuat Bayern menjadi cacat, dengan serangan kuat Leroy Sane menggandakan keunggulan mereka sebelum turun minum, dan kemudian Jamal Musala membuat skor menjadi 3-0 tepat setelah satu jam.

BACA JUGA: Barcelona Masih Belum Aman Usai Imbang Tanpa Gol dengan Benfica

BACA JUGA: Benfica Ujian Besar Xavi Hernandez Bersama Barcelona

'Era baru'


Tim Catalan tersingkir saat Benfica mengalahkan Dynamo Kiev 2-0 di Lisbon, gol babak pertama oleh Roman Yaremchuk dan Gilberto membuat mereka merebut posisi kedua dan satu tempat di undian hari Senin depan untuk babak 16 besar.

"Kami tidak bersaing. Ini adalah Liga Champions tetapi ini adalah kenyataan kami dan kami harus menghadapinya," kata pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, kepada media Spanyol.

"Kami memulai era baru dari nol. Tujuan kami adalah Liga Champions, bukan Liga Europa," lanjut Xavi.

Barcelona, ​​yang hanya mencetak dua gol di babak penyisihan grup, telah tampil di babak sistem gugur Liga Champions di masing-masing dari 17 musim terakhir, terakhir absen pada 2003-2004 ketika mereka bermain di Piala UEFA setelah berada di urutan keenam di La Liga tahun sebelumnya.

Mereka terakhir kali tersingkir dari Liga Champions di babak penyisihan grup pada 2000/2001 ketika tim yang menampilkan Xavi yang berusia 20 tahun berada di urutan ketiga di belakang AC Milan dan Leeds United.

Juara Eropa lima kali itu sekarang akan turun ke babak play-off babak sistem gugur Liga Europa pada bulan Februari 2022.

(tdr/Sumber: AFP, firstpost)

Editor: Tidar Aira - DepokToday.com

Tags

Terkini

Lagi, Timnas Indonesia Kalahkan Curacao, Skornya 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 23:44 WIB
X