Cegah Omicron Masuk, Pemerintah Larang WNA 11 Negara Ini ke Indonesia

- Rabu, 1 Desember 2021 | 17:34 WIB
bandara soeta (Foto: Istimew0a
bandara soeta (Foto: Istimew0a

DepokToday - Pemerintah hingga kini belum mengumumkan apakah varian baru dari virus COVID-19, yaitu Omicron telah masuk ke Indonesia. Meski begitu sejumlah langkah telah diambil pemerintah.

Sejumlah ilmuan telah meneliti varian ini dan menganggap varian ini memiliki dampak yang lebih parah ketimbang varian lainnya.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, berdasarkan bukti awalan para peneliti mensinyalir varian ini dapat menimbulkan reinfeksi pada penyintas COVID-19. Walaupun demikian, masyarakat diminta menunggu hasil studi lanjutannya.

Dari sisi pemerintah sendiri berdasarkan Surat Edaran Satgas No. 23 tahun 2021 melakukan penundaan sementara kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dari beberapa negara.

Ditetapkannya kebijakan ini dilatarbelakangi atas terjadinya transmisi komunitas kasus bervarian Omicron.

Sementara itu, melansir dari situs covid-19.go.id, untuk mencegah penyebaran Varian Omicron (B.1.1.5.2.9) ke Indonesia, pemerintah membuat kebijakan baru terkait kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga: DBD di Depok Sedang Mengganas, RSUD Sudah Rawat 80 Pasien Rentang Satu Bulan

Untuk mencegah varian omicron WNA yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir ke-11 negara ini dilarang masuk Indonesia: Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong.

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Air Putih yang Cukup Membuat Kulit Cerah? Ini Faktanya

Sedangkan untuk WNI yang berasal dari 11 negara tersebut dapat masuk Indonesia dengan menjalankan karantina selama 14 hari.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Papua Ricuh, Dua Kelompok Saling Serang di Bali

Para WNI dan WNA dengan asal keberangkatan dari negara lainnya wajib menjalankan karantina selama 7 hari.

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin.

(lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Dusan Vlahovic Jalani Tes Medis di Juventus

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:51 WIB

Rafael Nadal Tembus Final Australia Terbuka 2022

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:27 WIB
X