Benarkah Mengonsumsi Air Putih yang Cukup Membuat Kulit Cerah? Ini Faktanya

- Rabu, 1 Desember 2021 | 16:39 WIB
Ilustrasi kulit glowing (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kulit glowing (Foto: Istimewa)

DepokToday – Manfaat mengonsumsi air putih dipercaya mampu membuat kulit menjadi cerah. Meski begitu benarkah tentang sejumlah anggapan ini.

Ya, sejumlah artis seperti Jennifer Lopez, Jennifer Aniston, Kendall Jenner, dan Beyonce mengklaim tentang hal ini. Ternyata memang ada hubungan antara hidrasi dengan kesehatan kulit.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2015 di Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan adanya hubungan antara hidrasi dan kesehatan kulit.

Melansir dari Kompas.com, para peneliti menemukan meningkatkan asupan air dapat memberi efek positif pada penampilan kulit dan membantu menjaga tingkat hidrasi kulit.

Meskipun, penelitian tersebut mencatat, jika tingkat hidrasi seseorang sudah baik, minum lebih banyak dari itu mungkin tidak akan memberi dampak tambahan terhadap kulit.

Dokter kulit bersertifikasi dari New York City, Debra Jaliman, MD mengatakan, minum cukup air dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan tubuh. Sel dan jaringan tubuh sebagian besar terdiri dari air.

Untuk itu, minum air putih dalam jumlah cukup membantu sel dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.

Dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah Mohs dari Schweiger Dermatology Group di Hackensack, New Jersey, Margarita Lolis, MD mengatakan kepada Byrdie, minum air putih memang diperlukan untuk membantu organ tubuh berfungsi secara optimal, termasuk membantu nutrisi mencapai kulit melalui aliran darah.

Namun, air tidak secara otomatis masuk ke kulit. Air menghidrasi sel setelah diserap ke dalam aliran darah dan disaring oleh ginjal. Jadi, pada tingkat sel, minum air putih sangat bagus karena dapat menyiram sistem dan menghidrasi tubuh secara keseluruhan.

Selain Mengonsumsi Air Putih, Ini Kebiasaan yang Membuat Kulit Cerah


Baca Juga: DBD di Depok Sedang Mengganas, RSUD Sudah Rawat 80 Pasien Rentan Satu Bulan

Beberapa kebiasaan positif yang dapat dilakukan untuk mencerahkan kulit seperti rajin menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, menghindari mandi air panas terlalu sering, mengaplikasikan losion setiap setelah mandi, dan lainnya.

Lalu, berapa banyak harus minum agar cukul terhidrasi? Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Untuk mendapatkan cairan yang cukup, Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menyarankan konsumsi sekitar 13 gelas air untuk pria dan sembilan gelas air untuk wanita.

Minum jus buah segar tanpa pemanis tambahan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghidrasi kulit dari dalam sekaligus memberikan manfaat vitamin dan mineral dari buahnya. Ulasan lebih lanjut mengenai cara mencerahkan kulit juga bisa dibaca melalui tautan ini. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Rasa Bahagia Anda Mulai Hilang, Awas Gejala Demensia

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:32 WIB
X