Apa Betul Kamera Mampu Menangkap Hantu? Ternyata Cerita Pertamanya Bikin Haru

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:34 WIB
Ilustrasi menguir setan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi menguir setan (Foto: Istimewa)

DepokToday – Penangkapan hantu dipercaya bisa ditangkap oleh kamera. Bahkan sejumlah foto beberapa saat lalu dipercaya merupakan hasil jepretan penangkapan hantu. Tapi apakah benar kamera mampu menangkap makhluk halus.

Pembahasan ini menjadi menarik ketika seorang fotografer membahas soal ini, Ya, faktanya sejumlah foto dikaitkan dengan penampakan hantu.

"Saya seorang skeptis dari sudut pandang seorang fotografer dan sebagai seseorang yang tidak percaya pada hantu... tidak banyak di luar sana yang tidak dapat dikaitkan dengan semacam teknik fotografi," kata Michael Pritchard Director-general of the Royal Photographic Society dilansir dari Detik.com.

Akar fotografi hantu ini dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19. Selama tahun 1850-an dan 1860-an, banyak fotografer bereksperimen dengan efek baru, seperti gambar stereoskopik dan eksposur ganda. Tetapi, beberapa fotografer yang nakal melihat ini sebagai hal yang bisa dimanfaatkan untuk keuntungan.

Seorang fotografer amatir Amerika, bernama William Mumler dianggap sebagai orang pertama yang menangkap 'roh' dalam sebuah foto yang dijepret oleh kamera di awal tahun 1860-an.

Baca Juga: Sebut Tuhan Bukan Orang Arab, Ternyata Begini Cara Doa Jenderal Dudung

Gambar penting ini muncul untuk menampilkan penampakan sepupunya yang sudah meninggal. Pada awalnya, para ahli berjuang untuk menemukan sesuatu yang palsu tentang foto-foto roh Mumler.

Akan tetapi, sang amatir menjadi seorang profesional. Bisnisnya menguntungkan apalagi didorong oleh kerabat dari mereka yang tewas dalam Perang Saudara Amerika.

Sedih dan haru memang ketika fenomena kerinduan kerabat korban perang ini dimanfaatkan Mumler mencari keuntungan dari mereka.

Namun, Mumler akhirnya diadili karena penipuan. Momen paling memberatkan dalam persidangan datang ketika sebuah foto palsu yang sengaja dihadirkan untuk menunjukkan betapa mudahnya 'menghadirkan' salah satu gambar roh Mumler.

Terlepas dari bukti yang memberatkan, Mumler dibebaskan dari penipuan. Sampai sekarang, fotografi hantu menjadi hal yang diperdebatkan. Demikian disari dari BBC. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Rasa Bahagia Anda Mulai Hilang, Awas Gejala Demensia

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:32 WIB
X