Jangan Anggap Enteng Patah Hati, Efeknya Begini, Bisa Picu Serangan Jantung

- Rabu, 1 Desember 2021 | 07:51 WIB
Ilustrasi patah hati (foto Istimewa)
Ilustrasi patah hati (foto Istimewa)

DepokToday - Jangan anggap sepele keadaan anda ketika patah hati. Sebab pada sebagian kasus, patah hati mampu memicu masalah penyakit, hingga yang terparah serangan jantung.

Nah, tentunya ada banyak sekali penyebab sakit hati, tidak hanya soal percintaan, tapi juga karena sebab lainnya.

Melansir dari Suara.com, berdasarkan buku Seni Menyembuhkan Sakit Hati yang ditulis oleh Claudia Sabrina mengungkap ada 3 dampak patah hati bagi kondisi kesehatan seseorang. Apa saja?

Keadaan ini bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan serius, salah satunya adalah serangan jantung. Menurut dokter spesialis kardiologi dari Loyola University Health System Amerika Serikat, dr. Sara Sirna, MD.M, sakit hati yang bisa menyebabkan serangan jantung terjadi pada masa-masa menegangkan dan emosional, seperti karena perceraian dan kematian pasangan.

Selain itu, menurut penelitian lain mengungkapkan, responden mengalami rasa panas di tangan mereka, di mana aktivitas otak mereka terhubung pada saat melihat foto mantan.

Menurut Dr. Sunil Shah, dosen senior Kesehatan Masyarakat di St. George’s University of London mengatakan, efek keadaan ini bisa membuat perubahan pada fisik.

Dari bukti yang disampaikan, patah hati bisa menyebabkan perubahan dalam darah, pembekuan darah, tekanan darah, hormon stres, hingga kontrol detak jantung.

Baca Juga: Gampang Banget, Ini Cara Alami Atasi Mual Tanpa Obat Dokter

Efek sindrom sakit hati

Orang yang mengalami kondisi sakit hati bisa menimbulkan sebuah sindrom. Sindrom ini disebut kardiomiopati takosubo.

Meski penyebabnya tidak diketahui, tetapi pelepasan hormon ardenalin yang disebut hormon stres dapat merusak kesehatan jantung.

Mendadak pasif

Orang yang mengalami patah hati dapat mengubah seseorang menjadi pasif. Ketika dalam kondisi ini yang dirasakannya begitu menyakitkan, mereka akan menutup diri, menarik diri, dan jarang melakukan sosialisasi.

Selain itu, mereka yang sakit hati membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh, sebelum kembali menjalani aktivitas seperti biasa. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Lagi, Timnas Indonesia Kalahkan Curacao, Skornya 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 23:44 WIB
X