Jangan Melulu Gunakan Obat, Ini Cara Alami Atasi Sakit Kepala

- Selasa, 30 November 2021 | 05:00 WIB
Ini resep obat alami untuk atasi sakit kepala (Foto: Istimewa)
Ini resep obat alami untuk atasi sakit kepala (Foto: Istimewa)

DepokToday- Jangan buru-buru mengkonsumsi obat kimia untuk mengatasi sakit kepala. Sebab, jika tidak cocok akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Nah, sebagai solusi, ada baiknya beralih ke tanaman herbal atau obat alami.

Melansir alodokter.com, beberapa obat sakit kepala alami ternyata dapat dengan mudah ditemukan di rumah. Bahkan, selain dengan obat, bisa juga mencoba beberapa langkah sederhana untuk meredakan sakit kepala, seperti yoga dan aromaterapi.

Lantas obat alami apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala? Berikut ulasannya:

Jahe

Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi sakit kepala tegang dan migrain. Beberapa studi menyebutkan bahwa bumbu dapur ini memiliki khasiat yang sebanding dengan sumatriptan, yaitu salah satu jenis obat sakit kepala migrain.

Baca Juga: Pentingnya Ibu Hamil Tidur dengan Posisi Terlentang, Ini Manfaatnya

Kafein

Kafein yang terkandung pada minuman kopi dan teh juga dapat dikonsumsi sebagai obat  untuk meringankan sakit kepala. Meski demikian, Anda perlu waspada saat menggunakan kafein sebagai obat alami karena konsumsi kafein terlalu banyak justru bisa menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kafein lalu berhenti mengonsumsinya juga bisa memicu gejala putus zat kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Kepala


Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga mampu mencegah dan meringankan sakit kepala migrain.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai obat alami, Anda bisa mengonsumsi segelas air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok teh madu.

Baca Juga: Ini 6 Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Melamar Gadis Baduy

Teh Herbal

Teh herbal yang terdiri dari berbagai macam jenis tumbuhan sudah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi beberapa keluhan, termasuk sakit kepala. Beberapa macam teh herbal juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis teh herbal yang dipercaya bisa mengatasi sakit kepala secara alami adalah teh chamomile, teh jahe, teh peppermint, teh lavender, dan teh bunga krisan. (rul/*)

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

X