Pentingnya Ibu Hamil Tidur dengan Posisi Terlentang, Ini Manfaatnya

- Senin, 29 November 2021 | 18:44 WIB
Ilustrasi ibu hamil tidur (Foto Istimewa)
Ilustrasi ibu hamil tidur (Foto Istimewa)

DepokToday – Kondisi ibu hamil yang mengalami pembesaran perut tentunya membuat kenyamanan mereka berkurang dalam melakukan berbagai hal. Termasuk juga ketika dalam kondisi tidur.

Ketimbang tidur dalam kondisi terlentang, Ibu hamil lebih sering memilih utuk tidur miring karena lebih nyaman.

Ya, umumnya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk tidur miring ke kiri saat perutnya mulai membesar. Mengapa harus ke arah kiri?

"Tidur miring sangat bagus untuk sirkulasi darah selama kehamilan. Ini mengoptimalkan aliran darah ke plasenta, yang akan memberikan aliran nutrisi dan oksigen ke bayi Anda," jelas dokter kandungan Paul Osterdahl, DO, dilansir dari Suara.com.

Dia mengatakan, dengan kondisi sirkulasi darah yang baik memiliki banyak manfaat dan dapat menurunkan risiko varises, wasir, dan pembengkakan kaki pada ibu hamil.

Sementara tidur miring ke kiri akan mendorong aliran darah melalui vena utama yang membawa darah kembali ke jantung dari tubuh bagian bawah, disebut vena cava

Osterdahl memperingatkan untuk hindari tidur telentang jika memungkinkan.

"Berat janin dapat menekan vena cava inferior, mengurangi aliran darah antara jantung dan janin," sambungnya, dilansir Romper.

Baca Juga: Wali Kota Depok Kembali Izinkan PTMT di Sekolah Mulai 30 November 2021

Selain itu, hati berada di sisi kanan. Organ ini berperan penting dalam mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki bagian bawah.

"Menjauhkan berat janin dari hati memungkinkan organ ini berfungsi secara lebih efektif," kata pakar kandungan Sara Lyon.

Selain itu tidur miring ke kiri itu penting untuk menghindari komplikasi yang bisa terjadi ketika tidur telentang, yakni usus dan vena cava tertekan berat janin.

Tidur miring ke kiri juga mencegah sang ibu mengalami sakit punggung, gangguan pencernaan, sirkulasi buruk, dan perubahan tekanan darah. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Wayne Rooney Lepas Jabatan Pelatih Derby County

Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:00 WIB
X