Faktor Ini Jadi Penyebab Lionel Messi Menangkan Ballon d'Or

- Rabu, 1 Desember 2021 | 12:37 WIB
Lionel Messi memegang trofi Ballon d'Or. (Foto: Paris Saint-Germain)
Lionel Messi memegang trofi Ballon d'Or. (Foto: Paris Saint-Germain)

DepokToday-Lionel Messi mengakui memenangkan Copa America bersama Argentina mungkin menjadi faktor penentu dalam dirinya mengklaim hadiah Ballon d'Or.

Mantan pemain Barcelona itu menyabet gelar Ballon d'Or putra untuk ketujuh kalinya setelah tahun yang penuh gejolak, ketika Alexia Putellas dari Spanyol mengambil penghargaan serupa katgori putri.

Messi, yang sekarang berusia 34 tahun, mengungguli para rivalnya seperti Robert Lewandowski dan Karim Benzema untuk menerima penghargaan dalam upacara yang gemerlap pada hari Senin di Paris, kota yang sekarang ia sebut "rumah" setelah meninggalkan klub masa kecilnya Barcelona untuk Paris Saint-Germain (PSG) pada bulan Agustus.

Terlepas dari perpisahannya yang penuh air mata dari Barcelona dan awal hidupnya yang relatif mengecewakan di Prancis, juri jurnalis dari seluruh dunia memberinya penghargaan khususnya karena menjadi kapten Argentina untuk gelar internasional besar pertama mereka sejak 1993.

"Dua tahun lalu saya pikir saya akan memasuki tahun-tahun terakhir saya, tetapi di sini saya kembali lagi ke sini," kata Messi, yang memenangkan edisi terakhir Ballon d'Or pada 2019 sebelum penghargaan tahun lalu dibatalkan karena pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Resmi! Lionel Messi Bergabung Bersama Paris Saint-Germain

BACA JUGA: Tangisan & Curahan Hati Lionel Messi saat Perpisahan dengan Barcelona

Selain tahun 2019 dan tahun ini (2021-red), Messi juga meraih trofi Ballon d'Or pada 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2015.

"Orang-orang mulai bertanya kepada saya kapan saya akan pensiun, tetapi sekarang saya di sini di Paris dan saya sangat bahagia," katanya di Teater Chatelet di pusat kota Paris, di mana dia bergabung dengan istrinya Antonella Roccuzzo dan ketiga anak mereka.

"Saya tidak tahu berapa tahun lagi yang tersisa, tetapi saya berharap akan ada banyak tahun lagi karena saya benar-benar menikmati diri saya tahun ini," ucap Messi.

-
Messi">Lionel Messi mencium trofi Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)

"Apa yang saya raih bersama Argentina adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya pikir saya memenangkan trofi ini berkat apa yang kami lakukan di Copa America, jadi saya mendedikasikannya untuk rekan satu tim saya," tambah Messi.

Seperti diketahui, Argentina mengalahkan Brasil 1-0 di final di Rio de Janeiro saat Messi memenangkan gelar juara Copa Amrerica 2021 bersama negaranya untuk pertama kalinya.

Dia juga mencetak 38 gol dalam 48 pertandingan di musim terakhirnya bersama Barcelona dan memenangkan Copa del Rey.

(tdr/Sumber: AFP, firstpost.com)

Editor: Tidar Aira - DepokToday.com

Tags

Terkini

X