Selain Berjemur, 4 Makanan Ini Bisa Maksimalkan Asupan Vitamin D

- Jumat, 2 Juli 2021 | 12:11 WIB
Sarapan Weißwurst adalah makanan tradisional khas Bavaria.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Sarapan Weißwurst adalah makanan tradisional khas Bavaria.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

DEPOK - Berjemur pagi hari untuk mendapat sinar matahari jadi kebiasaan yang banyak dilakukan saat ini. Dengan berjemur sinar matahari, asupan vitamin D di dalam tubuh dapat diproduksi.

Tapi, selain mendapat sinar matahari pagi, beberapa jenis makanan ini tinggi kandungan vitamin D.
Sebagai informasi, Nilai harian yang direkomendasikan (DV) adalah 800 international units (IU) atau 20 mikrogram (mcg) vitamin D per hari dari makanan.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari, asupan makanan harus mendekati 1.000 IU atau 25 mcg per hari.

Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber makanan yang kaya vitamin D.

1.Kuning telur

Makanan ini mudah ditemui. Kandungan vitamin D dalam kuning telur bisa menjadi solusi untuk mendapat cukup vitamin ini setiap harinya.

Kandungan vitamin D dalam kuning telur juga berbeda dari ayam yang menghasilkannya.
Ayam yang dibesarkan di padang rumput yang berkeliaran di luar di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar 3-4 kali lebih tinggi.

Selain itu, telur dari ayam yang diberi pakan yang diperkaya vitamin D mungkin memiliki hingga 6.000 IU vitamin D per kuning telur. Itu 7 kali lipat DV.

Baca juga:PPKM Darurat, Idris : Tetap Kita Hadapi Dengan Suasana Yang Enjoy

2.Ikan Tuna

Dalam 100 gram tuna kaleng, terkandung 236 IU vitamin D. Jenis ikan ini bisa menjadi pilihan. Tapi, ketika mengkonsumsi ikan ini, perhatikan jenis tuna agar terhindar dari tuna kalengan yang mengandung merkuri.

3.Ikan Salmon

Menurut informasi yang ada, 100 gram salmon Atlantik hasil budidaya mengandung 526 IU vitamin D, atau 66 persen dari DV.

Sementara rata-rata Salmon tangkapan di alam liar mengandung 988 IU vitamin D per 100 gram, atau 124 persen dari DV.

Beberapa penelitian menemukan tingkat yang lebih tinggi pada salmon liar hingga 1.300 IU per 100 gram.

4.Jamur

Sama halnya dengan manusia, jamur bisa mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV. Bedanya, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Walau vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, tapi tidak seefektif vitamin D3.

Meskipun demikian, jamur liar adalah sumber vitamin D2 yang sangat baik. Sejumlah varietas mengemas hingga 2.300 IU per 100 gram, hampir tiga kali DV.

Selain makanan di atas, sejumlah makanan lain juga dipercaya dapat membantu asupan Vitamin D harian. Selamat mencoba. (lala/*)

 

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Rasa Bahagia Anda Mulai Hilang, Awas Gejala Demensia

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:32 WIB
X