Lockdown Belum Jadi Pilihan, Emil Perkuat Satgas Kelurahan dan Desa

- Selasa, 29 Juni 2021 | 07:20 WIB
Gubernur Jabar
Gubernur Jabar

DEPOK - Kasus penambahan COVID-19 yang meningkat signifikan lebih dari sepekan belakangan belum membuat Pemerintah Jawa Barat mengambil kebijakan lockdown pada kota atau kabupaten yang masuk dalam zona merah.

Seperti dikutip dari Suara.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, masih fokus dalam pengetatan kebijakan PPKM Mikro. Sedangkan kebijakan lockdown bisa dilakukan pada tingkat RT atau desa.

"Kita tidak ada wacana lockdown atau PSBB karena kewenangan itu ada di pemerintah pusat. Jadi kita ikuti arahan pemerintah fokus pada PPKM Mikro," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil ini, dilansir Selasa 29 Juni 2021.

Saat ini kata dia, dengan sejumlah kota atau kabupaten yang kasusnya meningkat, pihaknya memperkuat satgas di tingkat kelurahan atau desa. Kebijakan itu sebagai upaya agar penularan virus ini bisa efektif dikendalikan.

Baca juga:Pemkot Depok Ajukan Penambahan Bed COVID-19 Ke Pemprov Jabar

Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar Daud Achmad menjelaskan, kebijakan lockdown belum diambil, tapi, ada instruksi yang bertujuan untuk memperkuat peran dan fungsi posko penanganan COVID-19 di tingkat desa ataupun kelurahan.

Pertama, bupati dan wali kota memerintahkan camat, lurah dan kepala desa untuk menjalankan peran dan fungsi Posko Penanganan COVID-19. Selain itu memastikan pelaksanaan pengendalian pada tingkat mikro di skala Rukun Tetangga (RT).

"Kedua, posko Penanganan COVID-19 di desa dan kelurahan juga diberi kewenangan untuk memberikan rekomendasi pelaksanaan kegiatan masyarakat di wilayahnya sesuai kriteria zonasi pengendalian COVID-19. Rekomendasi itu akan menjadi dasar pertimbangan penerbitan rekomendasai atau izin penyelenggaraan kegiatan dari Satgas Kecamatan," sebut dia.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah mengeluarkan Instruksi Gubernur Jabar Nomor: 01/KS.01.01/Satpol.PP tentang Penguatan Peran dan Fungsi Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan, serta Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Perusahaan/Industri. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Real Madrid Angkat Piala Super Spanyol di Arab Saudi

Senin, 17 Januari 2022 | 07:51 WIB

Karim Benzema Pemain Terbaik Prancis Tahun 2021

Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:57 WIB

Begini Jawaban Habib Bahar Ketika Dicecar Soal Akhlak

Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:00 WIB
X