Selain COVID, Penderita Lima Penyakit di Depok Ini Jumlahnya Ribuan

- Rabu, 23 Juni 2021 | 05:15 WIB
Tangkapan gambar data dari situs resmi pemkot tentang penyakit yang terdata selama bulan ini. (DepokToday.com)
Tangkapan gambar data dari situs resmi pemkot tentang penyakit yang terdata selama bulan ini. (DepokToday.com)

DEPOK – Beberapa hari ini, penambahan kasus COVID-19 di Kota Depok berlangsung secara siginifikan. Namun, mungkin banyak yang belum tau, ternyata sejumlah penyakit lain berhasil di data cukup tinggi selama sebulan ini.

Diantaranya malah lebih banyak penderitanya dibandingkan COVID-19 di Depok saat ini.

Berdasarkan data yang dilansir dari situs resmi Kota Depok, berikut lima penyakit serta penjelasannya yang diambil dari berbagai sumber dan terpantau oleh Dinas Kesehatan Kota Depok.

1.Hipertensi Primer

Jumlah pasien saat ini 6.238 orang

Hipertensi primer atau yang bisa disebut sebagai hipertensi esensial adalah peningkatan tekanan darah dan merupakan golongan hipertensi paling umum karena sekitar 90 persen diantara seluruh kasus hipertensi termasuk hipertensi primer.

Kebanyakan dari penderitanya mengalami hipertensi primer saat menginjak usia paruh baya atau sejak usia 40-an.

Beberapa penyebab penyakit ini muncul karena kurang asupan kalium, gaya hidup tidak sehat dan faktor genetik.

2.Dispepsia

Jumlah pasien Depok saat ini 3.432 orang

Nyeri ulu hati atau dispepsia merupakan gangguan yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Gangguan ini bisa memunculkan sekumpulan gejala berupa rasa nyeri pada ulu hati, kembung, mual dan muntah.

Dispepsia bisa menjadi tanda adanya masalah serius. Misalnya penyakit radang yang parah pada lambung ataupun kanker lambung. Karena itu, penanganan secara dini dan tepat sangat diperlukan.

Penyakit Terkait Pernapasan Masuk Daftar


3.ISPA

Jumlah pasien di Depok saat ini 3.001 orang

Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia.

ISPA akan menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. Kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus, sehingga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus dan antibiotik.

Baca juga: Ini Instruksi Presiden untuk 4 Pilar Terkait Penanganan COVID-19

4.Nasofaringitis

Jumlah pasien di Depok saat ini 2.669 orang

Nasofaringitis adalah infeksi primer pada nasofaring dan hidung yang sering mengeluarkan cairan, penyakit ini banyak dijumpai pada bayi dan anak-anak. Dibedakan istilah nasofaringitis akut adalah istilah untuk anak. Sedangkan common cold adalah istilah untuk orang dewasa atau yang kita kenal dengan sebutan infuenza.

5.Diabetes Mellitus

Jumlah pasien di depok saat ini 1.822 orang

Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh gagalnya organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai sehingga menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit tidak menular.

Tangkal Sedini Mungkin


Semua penyakit ini kebanyakan hadir karena gaya hidup yang tidak baik. Tentunya hal itu harus diubah dari sedini mungkin. Jaga pola makan, perhatikan gizi yang tepat serta rajin berolah raha bisa menjadi satu diantaranya terhindar dari COVID dan penyakit lain. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Karim Benzema Pemain Terbaik Prancis Tahun 2021

Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:57 WIB

Begini Jawaban Habib Bahar Ketika Dicecar Soal Akhlak

Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:00 WIB
X