Belanda dan Belgia Melenggang ke Babak Gugur Piala Eropa 2020

- Jumat, 18 Juni 2021 | 15:22 WIB
Skuat Belanda.(Foto: Twitter Euro2020)
Skuat Belanda.(Foto: Twitter Euro2020)

AMSTERDAM—Belanda dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 sebagai juara Grup C setelah Memphis Depay dan Denzel Dumfries mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Austria di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, dini hari tadi.

-
Memphis Depay.(Foto: Twitter Euro2020)

Pelatih Belanda, Frank de Boer, memuji penampilan Memphis Depay yang bermain apik dalam pertandingan ini. Tak ayal Memphis Depay dihadiahi pemain terbaik di laga tersebut.

DIBACA JUGA: Saatnya Belgia, Belanda, dan Austria Menyegel Tiket 16 Besar

"Memphis dapat mengambil beberapa langkah lagi selama turnamen. Dalam pertandingan berikutnya, di mana itu akan menjadi sangat penting, dia akan menjadi orang besar. Saya penuh keyakinan bahwa dia akan melakukannya. Dia menciptakan gol penalti dan memberikan pra-assist malam ini," ucap Frank de Boer disadur dari uefa.com.

Kemenangan ini membawa Belanda sebagai pemuncak klasemen sementara Grup C dengan enam poin. Tiga poin sebelumnya didapat Belanda usai mengalahkan Ukraina 3-2 di laga pembuka.

Supersub


Pemain pengganti, Kevin De Bruyne, memberikan assist dan juga gol kemenangan saat Belgia mengubah defisit 1-0 menjadi 2-1 pada pertandingan Grup B Piala Eropa 2020 di Hampden Park, Kopenhagen, Kamis 17 Juni 2021 malam WIB.

Gol dari De Bruyne di menit 70 itu sekaligus menyegel satu tempat di babak 16 Besar Piala Eropa 2020.

-
Kevin de Bruyne.(Foto: Twitter Euro2020)

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, sempat khawatir ketika Denmark mampu mencetak gol lebih dulu ketika pertandingan babak pertama baru berjalan 1 menit 39 detik melalui Yussuf Poulsen.

"Sudah lama sejak kami terakhir kali diuji seperti ini. Di babak pertama, para pemain tampak terkejut, tetapi mereka memiliki pengalaman untuk membalikkan keadaan," kata Martinez mengomentari pertandingan.

DIBACA JUGA: Kalahkan Tim Tuan Rumah, Belgia dan Finlandia Meraih Poin Sempurna

Di kubu Denmark, pelatih mereka, Kasper Hjulmand, mengapresiasi pihak-pihak yang telah memberikan dukungan kepada timnya.

"Kami merasakan dukungan yang sangat besar dari orang-orang, dari semua orang yang mengikuti kami, seluruh stadion ini dan semua orang yang kami temui dan rasakan cintanya,  itulah yang akhirnya terjadi," katanya dikutip uefa.com.

Ia menambahkan, meski kalah dua kali beruntun pihaknya tetap fokus menghadapi satu laga sisa melawan Rusia.

"Kami dapat mengambil banyak hal dari pertandingan ini. Sekarang kami akan menutup pertandingan ini. Saya sudah memikirkan Rusia. Kami belum selesai di turnamen ini," tegasnya.

(tdr/*)

 

Editor: Tidar Aira - DepokToday.com

Tags

Terkini

Dusan Vlahovic Jalani Tes Medis di Juventus

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:51 WIB

Rafael Nadal Tembus Final Australia Terbuka 2022

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:27 WIB
X