[OPINIKU] Tips Memilih Makanan Sehat di Masa Pandemi COVID-19

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 16:00 WIB
Artikel Opini COVID-19
Artikel Opini COVID-19

KESEHATAN menjadi salah satu hal yang amat diperhatikan pada masa pandemi COVID-19 ini. Banyak orang memakai masker dan rajin mencuci tangan, bahkan membatasi waktu di luar rumah demi tetap sehat dan menghindari infeksi COVID-19.

Salah satu aspek untuk mencapai kesehatan adalah makanan sehat, namun sayang masih kecil kesadaran masyarakat Indonesia akan makanan sehat dan masih memilih makanan praktis yang mementingkan rasa dibanding manfaat dan nutrisi dari makanan itu sendiri.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/opiniku-psbb-di-depok-mengikat-tapi-menyampingkan-ikatan-perut/

Kita yang sedang dilanda pandemi ini harus paham bahwa makanan yang kita makan akan menentukan kesehatan fungsi tubuh kita seperti imunitas dan kebugaran.

Walaupun tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan dari infeksi COVID-19, namun pemilihan makanan sehat dapat membantu meningkatkan imunitas dan pertahanan tubuh kita dari infeksi COVID-19, serta dapat mempercepat penyembuhan tubuh kita dari berbagai penyakit termasuk COVID-19.

Makanan sehat dan nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, hingga beberapa jenis kanker.

Namun kembali lagi pada situasi sulit yang sedang kita semua hadapi saat ini, tentunya sulit untuk harus membagi perhatian lagi ke pemilihan makanan sehat.


Disini kami telah menyusun tips memilih makanan sehat dan bergizi agar pembaca tidak pusing memikirkan pilihan makanan sehat untuk keluarga. Berikut tipsnya:


Makanan Segar dan Kurangi yang Olahan


Makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan makanan dari hewan ternak (misalnya daging, ikan, telur dan susu).


Untuk cemilan, pilih sayuran mentah dan
buah segar daripada makanan yang tinggi gula, lemak, atau garam. Jangan terlalu lama memasak sayuran dan buah karena dapat menyebabkan hilangnya vitamin penting, serta, saat menggunakan sayuran dan buah kalengan atau kering, pilih jenis yang tanpa tambahan garam atau gula.


Minum Air yang Cukup


Air sangat penting untuk mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh Anda, melancarkan sistem ekskresi, dan melumasi sendi.


Minum 8–10 gelas air setiap hari agar anda tetap terhidrasi. Air putih adalah pilihan minuman terbaik, tetapi kita bisa
mengonsumsi minuman lain, buah dan sayur yang mengandung air, misalnya jus lemon (diencerkan dengan air dan tanpa pemanis), teh dan kopi.


Tetapi jangan mengonsumsi terlalu  banyak kafein, dan hindari jus buah manis, sirup, dan minuman bersoda karena mengandung gula berlebih.

Halaman:

Editor: Depok Today

Tags

Terkini

Kemenangan Piala FA Pertama Liverpool Sejak 2006

Minggu, 15 Mei 2022 | 21:43 WIB
X