Pawai Obor SEA Games 2023 Kamboja bakal Digelar di Kawasan GBK

- Kamis, 30 Maret 2023 | 14:08 WIB
NOC Indonesia laksanakan Torc Relay SEA Games 2023. (NOC Indonesia)
NOC Indonesia laksanakan Torc Relay SEA Games 2023. (NOC Indonesia)

Depoktoday.com - Torch relay atau pawai obor SEA Games 2023 Kamboja bakal tiba di Jakarta pada 1 April 2023. Perarakan obor multievent dua tahunan kawasan Asia Tenggara ini akan dilakukan di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan pawai obor SEA Games diikuti 300 peserta, yang terdiri dari atlet, pelatih, perwakilan federasi nasional hingga komunitas olahraga dan masyarakat.

NOC Indonesia bersama Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC) dan Kedutaan Kamboja untuk Indonesia akan melakukan pawai obor SEA Games pada akhir pekan ini di Kompleks GBK,” kata Okto dari rilis resmi NOC Indonesia.

Baca Juga: Rafael Alun Trisambodo Resmi Jadi Tersangka, Begini Kata KPK

“SEA Games Kamboja bukan solidaritas kita sesama negara ASEAN semata, tetapi juga penantian panjang Kamboja yang untuk pertama kali bisa menjadi tuan rumah SEA Games.”

Sebagai informasi, Kamboja pernah mendapat kesempatan sebagai tuan rumah SEA Games pada 1963 tetapi harus dibatalkan karena situasi politik.

Delegasi CAMSOC yang dipimpin Sekretaris Kementerian Pariwisata Kamboja yang juga menjabat sebagai Head of Special Envoy CAMSOC sudah tiba di Indonesia sejak Rabu (29/03). Ia dan Duta Besar Kerajaan Kamboja Iv Heang untuk Indonesia pun telah melakukan koordinasi bersama Plt Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara, Wasekjen Wijaya Noeradi, dan Chef de Mission Tim Indonesia untuk SEA Games Lexyndo Hakim di Kantor NOC Indonesia, Kamis (30/01).

Baca Juga: PSSI Dibanned FIFA, Kompetisi Liga 1 Bisa Berhenti: Berpengaruh ke Kompetisi

“SEA Games adalah persahabatan lewat olahraga. Kita berkompetisi, tapi mempererat silaturahmi dan bersahabat. CAMSOC membawa program torch relay dan Indonesia adalah negara ketiga dalam pawai obor ini, setelah sebelumnya di Vietnam dan Filipina. NOC Indonesia menyuambut baik dan kami senang berpartisipasi memeriahkan SEA Games Kamboja,” kata Harry.

Sementara itu, CdM SEA Games Lexyndo Hakim menyambut baik inisiatif CAMSOC yang melakukan pawai obor. Ia berharap perayaan pawai obor SEA Games di Indonesia berjalan sukses.

Baca Juga: Catat! Cuti Bersama Lebaran 2023 Berubah Menjadi Lima Hari

“Ini sekaligus menjadi momentum semangat buat para atlet Merah Putih menyambut SEA Games di Kamboja yang tinggal hitungan minggu supaya bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya demi meraih prestasi maksimal,” kata Lexyndo.

SEA Games 2023 yang diadakan pada 5-17 Mei mendatang menjadi yang pertama dan akan mempertandingkan 36 cabang olahraga, 47 disiplin, dan 581 nomor pertandingan.

Editor: Gerry Anugrah Putra

Sumber: NOC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X