Raffi Ahmad Tekor Garap Klub Sepak Bola, Begini Nasib RANS FC

RANS Cilegon FC (Istimewa)
RANS Cilegon FC (Istimewa)

DepokToday- Artis Raffi Ahmad belum lama ini mengeluhkan banyaknya pengeluaran untuk operasional klub sepak bola yang dibelinya, yakni RANS Cilegon FC. Sebabnya, hingga kini pemerintah belum mengizinkan adanya pertandingan sepak bola.

Hal itu tak terlepas dari pandemi COVID-19 yang tak berkesudahan ditambah adanya sederet aturan PPKM.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, Raffi Ahmad menjelaskan, sebenarnya ia memperoleh banyak sponsor untuk biayai operasional klub tersebut.

Namun, para sponsor hanya mau mengeluarkan uang apabila kick off dimulai. Sedangkan disisi lain, izin pertandingan masih terus diundur karena terhalang pandemi COVID-19.

“Sebenarnya jujur demi Allah saya sudah dapat endorse dan sponsor banyak, saya seneng banget,” kata dikutip pada Kamis 12 Agustus 2021.

Namun, sponsor tersebut baru bersedia mengeluarkan uang jika pertandingan dimulai.

“Tapi sponsor itu mau bayar pas kick off, masalahnya belum kick off, pusing juga saya. Nalangin, saya sampai deg-degan,” ujarnya

“Kalau udah kick off saya sudah senang, selamat,” timpalnya lagi.

Nasib Raffi Ahmad dan Sepak Bola

Seperti diketahui, belakangan ini sejumlah artis papan atas Indonesia berbondong-bondong terjun untuk mengelola klub sepak bola Tanah Air. Dengan kekayaan dan harta yang mereka miliki, mereka mengakuisisi beberapa klub sepak bola di Indonesia.

Masuknya para artis ini ke industri sepak bola dinilai mampu menggairahkan industri yang sedang lesu.

Menurut pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni, kondisi klub sepak bola memang sedang menyedihkan akhir-akhir ini, apalagi sejak pandemi virus Corona meradang.

Paling jelas terlihat, banyak klub sepak bola di Indonesia saat ini secara terpaksa melepas para pemain bintangnya dan memilih pemain yang lebih ‘terjangkau’.

Kusnaeni menyebut, nilai kontrak para pemain yang berlaga saat ini tidak sebesar musim sebelumnya.

“Situasi tertekan itu kan terlihat jelas dari nilai kontrak pemain yang sekarang tidak sebesar musim-musim sebelumnya. Beberapa klub bahkan mulai realistis menjual pemain-pemain bintangnya. Mereka memilih pemain yang nilai kontraknya lebih terjangkau,” katanya.

Baca Juga: SIM Keliling Depok, Kamis 12 Agustus 2021, Berikut Ini Jadwal dan Lokasi

Pria yang akrab disapa Bung Kus itu mengatakan, pemasukan klub sepak bola cukup besar didapatkan dari tiket setiap pertandingan. Namun, naas sejak pandemi meradang hingga sekarang liga utama tak berjalan, baik Liga 1 maupun Liga 2, pertandingan tak diadakan, pemasukan pun menurun.

“Pemasukan klub dari tiket masuk kan praktis tidak ada saat ini,” katanya.

Saat ini paling terpuruk adalah kondisi klub Liga 2, maka dari itu Kusnaeni cukup bersyukur banyak artis yang mau mengelola klub Liga 2. Memang bila diperhatikan, banyak klub yang diakuisisi artis papan atas berasal dari Liga 2.

“Saat ini, klub yang banyak dialih kelola memang dari Liga 2. Sebab memang klub-klub Liga 2 yang paling tertekan,” kata Bung Kus.

Artis Raffi Ahmad (Istimewa)
Artis Raffi Ahmad (Istimewa)

Ia memaparkan kontribusi komersial dan sponsor dari klub Liga 2 sangat kecil. Di sisi lain sebagai klub profesional, suntikan dana pemerintah secara langsung tak lagi diperbolehkan.

“Nilai kontribusi komersial yang mereka dapat sangat kecil. Suntikan dana dari pemerintah daerah tidak diperbolehkan karena mereka klub profesional.”

Deretan Artis dan Pesohor yang Punya Klub Sepak Bola

Lebih lanjut Bung Kus mengatakan, secara bisnis mengelola klub sepakbola memang sebetulnya sangat tidak selalu menguntungkan, apalagi di Liga 2.

Namun dirinya yakin para artis yang masuk mengelola klub bola akan membawa perubahan, dengan kemampuan pengelolaan uang maupun banyaknya uang yang dibawa para artis.

“Tapi para pesohor ini orang yang sudah teruji kemampuannya menghasilkan uang. Dan mereka selama ini memakai konsep bisnis yang berbeda dengan para pengelola klub Liga 2. Buat saya, ini menarik. Siapa tahu kita bisa belajar banyak hal baru dari Raffi cs,” ujar Bung Kus.

Baca Juga: [Update] Data BOR Rumah Sakit di Kota Depok, Rabu 11 Agustus 2021, Tersedia 659 Bed

Seperti diketahui, tak hanya Raffi Ahmad yang membeli klub sepak bola tapi juga Gading Marten mengakuisisi klub Liga 3 Persikota Tangerang.

Selain itu juga ada Kaesang Pangarep, anak Presiden Joko Widodo yang juga masuk ke Persis Solo. Ada pula Atta Halilintar yang mengenalkan klub AHHA PS Pati FC. (rul/*)