Que Ngoc Hai Amankan Posisi Vietnam di Puncak Klasemen Grup G

Vietnam mengalahkan Malaysia.(Foto: Twitter @afc)
Vietnam mengalahkan Malaysia.(Foto: Twitter @afc)

DUBAI—Gol yang dicetak Que Ngoc Hai melalui tendangan penalti di menit 83 ke gawang Malaysia, mengamankan posisi Vietnam di puncak klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Andai saja Que Ngoc Hai tidak mencetak gol, maka posisi Vietnam direbut oleh Uni Emirat Arab (UEA) yang menang telak atas Indonesia 5-0 di waktu yang bersamaan.

DIBACA JUGA: Indonesia Kalah 5-0 dari UEA di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022

Gol Que Ngoc Hai tidak hanya mengamankan posisi negaranya sebagai pemuncak klasemen Grup G, tapi juga memastikan kemenangan Vietnam atas Malaysia 2-1 di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, tadi malam WIB.

Penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh, membuk skor ketika pertandingan berjalan 27 menit. Gol tersebut bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan di menit 73 melalui Guilherme De Paula Lucrecio lewat tendangan penalti. Skor pun sama kuat, 1-1.

DIBACA JUGA: Kalahkan Indonesia 4-0, Vietnam Kokoh di Puncak Klasemen Grup G

Namun, tujuh menit waktu babak kedua akan berakhir. Vietnam kembali membalikan kedudukan menjadi 2-1. Melalui tendangan penalti, Que Ngoc Hai sukses mencetak gol di menit 83. Skor bertahan hingga pertandingan 2×45 menit berakhir.

Kemenangan Vietnam atas Malaysia menambah rekor tak terkalahkan Vietnam di sepanjang babak kualifikasi Grup G.

Hasil ini juga membuat Vietnam tetap menduduki posisi teratas klasemen sementara Grup G. Dari tujuh pertandingan, Vietnam mengumpulkan 17 poin.

Klasemen sementara Grup G.(Foto: Tangkapan Layar dari laman Google)
Klasemen sementara Grup G.(Foto: Tangkapan Layar dari laman Google)

Di posisi kedua, UEA terus membuntuti Vietnam dengan perolehan 15 poin. Posisi ketiga masih dihuni Thailand dengan sembilan poin, diikuti Malaysia di urutan keempat dengan sembilan poin, dan posisi terakhir ditempati Indonesia dengan satu poin.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Grup G masih menyisakan dua pertandingan terakhir pada 15 Juni 2021 antara Vietnam melawan UEA dan Thailand melawan Malaysia.

(tdr/*)