Qatar Unjuk Gigi di Piala Emas 2021, Lolos ke Perempat Final

Para pemain Qatar bersukacita setelah memastikan diri lolos ke perempat final Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Gold Cup)
Para pemain Qatar bersukacita setelah memastikan diri lolos ke perempat final Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Gold Cup)

HOUSTON, TEXAS—Qatar memastikan satu tempat di perempat final Piala Emas 2021 setelah mengalahkan Honduras 2-0 di Stadion BBVA, Rabu 21 Juli 2021 pagi WIB.

Kemenangan tersebut turut membawa Qatar sebagai juara Grup D dengan perolehan tujuh poin, selisih satu dengan Honduras yang menempati posisi kedua klasemen akhir grup.

DIBACA JUGA: Ujian Sang Juara Asia di Piala Emas Concacaf 2021

Honduras langsung tampil menyerang lebih awal, namun kendala dialami mereka setelah Romell Quioto mengalami cedera pada menit ke-15 sehingga tidak dapat melanjutkan permainan.

Setelah menahan tekanan, Homam Ahmed mencetak gol untuk membawa Qatar memimpin pada menit ke-25. Ini menandai pertandingan ketiga berturut-turut di mana Sang Juara Asia mencetak gol pembuka.

DIBACA JUGA: Kemenangan Perdana Qatar di Piala Emas Concacaf 2021

Qatar terus menekan ke depan, tetapi upaya Almoez Ali digagalkan oleh kiper Honduras, Luis Lopez. Lopez memberikan penyelamatan penting lainnya setelah Qatar mendapat hadiah penalti.

Duel udara pemain Qatar dengan pemain Honduras.(Foto: Twitter Gold Cup)
Duel udara pemain Qatar dengan pemain Honduras.(Foto: Twitter Gold Cup)

Pemain asli San Pedro Sula itu menggagalkan satu gol lagi untuk tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, Akram Afif, dari titik penalti untuk membuat satu gol lagi.

Honduras akan kehilangan pemain penting lainnya karena cedera ketika kapten tim dan pemimpin penampilan sepanjang masa, Maynor Figueroa, harus ditarik keluar lapangan sebelum babak pertama usai.

DIBACA JUGA: Honduras Maju ke Babak Sistem Gugur Usai Menang atas Panama 

Honduras terus berusaha untuk menyamakan kedudukan memasuki babak kedua dan Alexander Lopez, yang mencetak gol untuk Honduras pada pertandingan sebelumnya melawan Panama, mencoba peruntungannya pada menit ke-67, namun digagalkan oleh bek Abdelkarim Hassan.

Abdelaziz Hatem adalah pemain lain yang ingin mencetak gol dalam pertandingan kedua berturut-turut, tetapi digagalkan oleh bek Honduras, Kevin Alvarez.

Hatem akhirnya mendapatkan kesempatan kedua untuk mengamankan kemenangan Qatar dengan mencetak golnya di menit ke 90+4.

Klasemen akhir Grup D Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Klasemen akhir Grup D Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Afif, Ali dan Hatem adalah pencetak gol terbanyak Qatar di Piala Emas 2021 dengan masing-masing dua gol.

Qatar juga menyelesaikan babak penyisihan grup tanpa terkalahkan, dengan dua kemenangan dan sekali imbang dalam partisipasi Piala Emas pertama mereka.

Qatar akan berhadapan dengan El Salvador di perempat final, sedangkan Honduras bakal meladeni kekuatan juara bertahan Piala Emas, Meksiko, di babak yang sama.

(tdr/Sumber: concacaf.com)