Masuk Tahap Ini, PUPR Pastikan Musim Hujan Tak Ganggu Targetan Perbaikan Jembatan di GDC

Perbaikan jembatan GDC. (Foto: DepokToday)
Perbaikan jembatan GDC. (Foto: DepokToday)

DepokToday – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  atau PUPR Kota Depok memastikan jika musim penghujan ini tidak akan membuat targetan rampungnya perbaikan jembatan di area GDC pada 24 Desember mendatang molor. Saat ini, pengerjaan perbaikan telah masuk pada pemasangan pile cap.

“Iya karena situasi dan kondisi, insyaallah sebelum akhir tahun selesai,” terang Plt Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty pada 29 September 2021.

“Untuk pemasangan tiang pancang telah selesai. Saat ini, sedang ada pengerjaan pile cap di sisi pemancang yang telah terpasang,” sebut dia dikutip dari situs pemerintah Kota Depok.

Proses pembangunan pile cap ini kata dia, membutuhkan waktu selama dua pekan. Selanjutnya, ketika tahapan ini telah rampung, pihaknya melakukan pembuatan abutment.

“Setelah pembangunan pile cap, selanjutnya masuk pada tahapan abutment. Abutment adalah substruktur yang berada di ujung bentang jembatan atau bendungan untuk menopang superstrukturnya,” papar dia.

Baca Juga: Paras Cantik Pacar Pangeran Brunei Bikin Melongok, Ini Videonya

Sebelumnya diberitakan, satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok menutup sementara jalan boulevard Grand Depok City atau GDC tepatnya didepan kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan hingga beberapa meter setelahnya.

Penutupan jalan itu bertujuan untuk melakukan proses perbaikan longsoran jembatan GDC yang terjadi pada bulan April 2021 lalu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Andi Indra Waspada mengatakan, penutupan jalan itu akan dilakukan mulai tanggal 31 Agustus hingga 24 Desember 2021 atau selama kurang lebih 3 bulan.

“Akan dilakukan penutupan dengan adanya pembangunan jembatan GDC yang longsor yang akan dimulai pada tanggal 31 Agustus s/d 24 Desember 2021,” kata Andi dalam keterangan resminya, Selasa 24 Agustus 2021. (lala/*)