PUPR Depok : Revitalisasi Jalan Margonda Raya Rampung Akhir Tahun 2022

Margonda
Kawasan Margonda. (Foto: DepokToday/Tdr)

DEPOK – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, revitalisasi jalan Margonda Raya diperkirakan akan rampung pada akhir tahun 2022.

“Tahun ini proses pengerjaan, dan mudah-mudahan akhir tahun 2022 sudah bisa dinikmati masyarakat,” kata Dadan, Sabtu 12 Juni 2021.

Dadan pun berharap, jika jalan Margonda Raya selesai direvitalisasi, masyarakat dapat menjaganya demi kepentingan bersama.

Baca Juga : Pemkot Bakal Sulap Trotoar Margonda Depok Jadi Jalur Sepeda

“Ya saya harap sih masyarakat ikut menjaga, kemarin saya juga sudah koordinasi agar di jalan Margonda Raya disediakan satu tempat parkir, agar tidak banyak pengendara lagi yang parkir di trotoar,” kata Dadan.

Dadan mengatakan, saat ini proses revitalisasi jalan Margonda Raya masih dalam tahap sosialisasi dan supervisi untuk segmen 1.

“Sementara segmen 2 dan 3, sedang dibuat Detail Engineering Design (DED) nya, tapi dipastikan semua segmen dikerjakan sepanjang tahun 2021-2022,” kata Dadan.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, revitalisasi Jalan Margonda Raya dilakukan guna mengakomodir pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Baca Juga : 340 Proyek PUPR Depok Terancam Mangkrak

Nantinya, jalur sepeda dan pejalan kaki akan dijadikan satu yakni diatas trotoar. “Desainnya pokoknya keren.” kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Jumat 4 Juni 2021.

Imam mengatakan, revitalisasi Jalan Margonda Raya ini akan dilakukan sebanyak tiga seksi. Seksi pertama mulai dari Simpang Siliwangi hingga Simpang Ramanda.

Kemudian, seksi dua, mulai dari Simpang Ramanda sampai Simpang Juanda. “Kalau seksi tiga dari Juanda sampai UI,” kata Imam.

Imam menyebut, dalam revitalisasi tersebut, trotoar Margonda akan diperlebar sekira tiga meter.

“Nah selama ini jalur sepeda dipakai untuk parkir motor. Banyak motor parkir di jalur sepeda sehingga mereka mengeluh kepada kita, sehingga jalur sepeda nanti dinaikkan ke trotoar, ke atas.” kata Imam

Imam yakin proyek itu tak akan menambah beban kemacetan di Jalan Margonda, justru sebaliknya.

“Nggak lah Insya Allah. Kan selama ini juga di situ (jalur sepeedas) dipakai pengguna motor. Dari pada di situ dipakai pengguna motor parkir, lebih baik kita naikin ke atas, supaya yang ingin naik sepeda lebih aman jalurnya,” kata dia. (ade/*)