Puluhan Siswanya Diduga Sakit Hepatitis A, Sekda Datangi SMPN 20 Depok

0
494
Sekda Kota Depok, drg. Hardiono (tiga kiri dari pembaca) meninjau SMPN 20 Kota Depok yang siswanya diduga terkena hepatitis A.(Foto: Istimewa)

RANGKAPAN JAYA BARU-Puluhan siswa di SMPN 20 Kota Depok, Jalan Martadinata No.5, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, diduga terkena virus hepatitis A.

Mendapat kabar kurang sedap itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, drg. Hardiono, melakukan kunjungan ke sekolah tersebut hari Selasa (19/11/2019).

Kunjungan drg. Hardiono disambut hangat oleh Kepala SMPN 20 Depok, H. Komar, para guru, komite kelas dan para siswa/siswi.

“Kedatangan saya ingin mengetahui penyebab penyakit hepatitis A, dari mana sumbernya,” jelas drg. Hardiono.

Menurut dia, jumlah siswa yang terkena hepatitis A di sekolah ini hingga puluhan orang harus diwaspadai.

“Wabah ini harus segera ditindaklanjuti ke dinas terkait, sehingga wabahnya tidak tambah menyebar luas,” papar drg. Hardiono.

Karenanya, drg. Hardiono meminta kepala Dinas Kesehatan untuk menentukan peristiwa ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) atau tidak.

Penentuan sikap dari Dinas Kesehatan, kata drg. Hardiono, harus dilakukan karena akan bersinggungan dengan anggaran.

“Tentunya penetapan status KLB pada peristiwa ini dari walikota atas dasar analisis Dinas Kesehatan,” tegas pria yang pernah menjabat kepala Dinas Kesehatan Kota Depok itu.

Sementara itu, Sekjen Gappura, Indria Sari, selaku penghubung Sekda dengan pihak kepala SMPN 20 Depok menginformasikan, wabah penyakit  hepatitis A sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu.

“Sejak beberapa hari lalu dan sampai hari ini ada siswa yang sakit. Anaknya kepala sekolah dan gurunya juga yang kena. Informasi ini kami dapat dari wali murid,” jelas Indria.

Dikutip dari berbagai alodokter, hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A.

Infeksi yang akan mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah, melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.(ara/*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here