Puji Kinerja Jokowi Soal COVID, Siti Fadilah: Anies Buktinya Apa?

Mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari (Foto: Istimewa)
Mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari (Foto: Istimewa)

DepokToday- Mantan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari kembali membahas persoalan COVID-19. Kali ini ia menyinggung kinerja dua pemimpin dalam penanganan virus tersebut.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, Siti menilai kinerja Presiden RI, Jokowi jauh lebih baik ketimbang Gubernur DKI Jakarta, Anies berhasil.

Penilaian itu konteksnya soal PPKM dan penurunan kasus COVID-19 di DKI Jakarta. Mantan Menkes era Presiden SBY itu menyuarakan untuk fokus pada penekanan angka kematian COVID-19 saja kalau pemerintah tak bisa mengantisipasi dan memprediksi kapan pandemi akan terjadi lagi.

Siti Fadilah menyoroti soal klaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang angka kasus COVID-19 di DKI Jakarta yang belakangan menurun.

Ia tidak puas dengan penjelasan Anies, penurunan kasus Covid-19 di Jakarta itu dampak dari pemberlakuan PPKM.

Menurutnya itu hanyalah asumsi Anies saja. Siti mengatakan untuk tahu angka kasus turun itu mestinya diteliti betul jangan pakai asumsi.

“Saya dengar kemarin Gubernur Anies, dia dengan happy-nya klaim berhasil. Sekarang bapak apa buktinya bapak berhasil. Kan turun katanya, apakah tracing Anda juga turun? iya turun,” katanya dikutip dari perbincangan di kanal Youtube Karni Ilyas Club, Rabu 11 Agustus 2021

“Kalau turun ya pasti itunya (kasus) turun. Nggak ada tracing, ya nggak ada kasus,” sambungnya.

Di sisi lain, Siti Fadilah memuji langkah Jokowi yang putuskan tidak mengambil langkah lockdown. Menurutnya Jokowi tepat mengambil kebijakan pembatasan dengan skema PPKM atau PSBB.

Anies-Jokowi (Foto: Istimewa)
Anies-Jokowi (Foto: Istimewa)

Dia mengatakan orang nggak tahu saja, kalau Indonesia di-lockdown itu ada konsekuensi pemerintah tunduk pada kekuatan dan skenario global.

“Lockdown itu sakit lho untuk suatu negara maju sekalipun. Saya senang dengan pak Jokowi tak pilih lockdown walaupun didemo. Orang yang demo nggak tahu lockdown itu artinya kita 100 persen tunduk dengan mereka,” jelasnya

Mereka yang dimaksud Siti Fadilah adalah kekuatan global yang bisa mengendalikan ekonomi dan politik di masa pandemi ini.

Pujian Siti Fadilah untuk Jokowi

Siti menjelaskan andai Indonesia lockdown, artinya Indonesia menyerah bertekuk lutut pada kekuatan tersebut. Jadinya Indonesia tak kuasa untuk menolak skenario yang diinginkan mereka.

“(Lockdwon) bukan hanya mencegah pergerakan orang tapi juga begitu lockdown, perintah dari mereka akan bersambungan terus,” katanya.

Baca Juga: Vaksinasi di Terminal Jatijajar Kembali Dilaksanakan, Cek Jadwal dan Tautan Daftarnya di Sini

Dia melanjutkan, Presiden Jokowi mengambil kebijakan pembatasan berupa PSBB itu justru layak kok bagi karakter rakyat Indonesia.

“Presiden ambil PSBB itu bagus, walaupun ada sebagian yang menilai itu karena pemerintah tak mau berikan uang ke rakyatnya karena lockdown, tapi rakyat Indonesia kan berbeda dengan bangsa lain. Paling pas menurut saya ya PSBB, PPKM. Itu cukup pas untuk orang Indonesia,” ujarnya. (rul/*)