PT. Petamburan Minta Eksekusi Kemiri Muka Segera Dilaksanakan

Pihak PT Petamburan Jaya Raya bersama pedagang memasang plang kepemilikan lahan Pasar Kemirimuka.(Foto: DepokToday/Hen)

DEPOK – Direktur PT Petamburan Jaya Raya, Yudi Pranoto meminta, eksekusi penyerahan aset dan lahan Pasar Kemiri Muka kepada pihaknya segera dilaksanakan. Hal itu mengingat, putusan Mahkamah Agung No. 2957 K/Pdt/2020 tertanggal 18 November 2020.

“Keputusan yang sudah inkracht ini seharusnya dijalankan, kita harus menegakkan hukum di Kota Depok ini,” kata Yudi kepada wartawan, Jumat 4 Juni 2021.

Yudi menjelaskan, menurutnya putusan MA ini merupakan jawaban akhir dari gugatan yang dilayangkan Pemerintah Kota Depok pada tahun 2018 ke Pengadilan Negeri Depok, terkait kepemilikan aset peninggalan Pemerintah Kabupaten Bogor tersebut.

Baca Juga : Sah, Pasar Kemirimuka Milik PT Petamburan Jaya Raya

“Dengan terbitnya putusan MA ini, sengketa lahan Pasar Kemiri Muka itu seharusnya sudah selesai, sudah 13 tahun kami menunggu keputusan hukum, dan ini hasil akhirnya, Pasar Kemiri Muka adalah punya PT. Petamburan Jaya Raya,” kata Yudi.

Yudi mengatakan, pihaknya tinggal menunggu sikap Pengadilan Negeri Depok sebagai eksekutor dari putusan tersebut untuk segera melakukan perpindahtanganan dari Pemerintah Kota Depok kepada PT. Petamburan Jaya Raya.

Baca Juga : Pedagang Legawa Pasar Kemirimuka Dikelola oleh PT Petamburan Jaya Raya

“Saya sudah komunikasi dengan PN Depok, dan kini tinggal menunggu pelaksanaannya,” kata Yudi.

Sebagai informasi, rebutan aset Pasar Kemiri Muka oleh Pemerintah Kota Depok dengan PT. Petamburan Jaya Raya ini sudah dimulai sejak tahun 2008.

Perjalanan ini dimulai dengan gugatan yang diajukan oleh PT. Petamburan Jaya Raya kepada Pemerintah Kota Depok ke Pengadilan Negeri Bogor.

Alasannya, sertifikat Hak Guna Bangun No. 68 tanggal 3 oktober 1988 yang dipegang PT. Petamburan Jaya Raya, diblokir oleh Wali Kota Depok yang saat itu dijabat oleh Badrul Kamal di tahun 2004.

PT. Petamburan Jaya Raya mengaku merasa dirugikan akibat pemblokiran tersebut, karena tidak bisa memperpanjang masa berlaku sertifikat.

Gugatan itu pun dimenangkan oleh PT. Petamburan Jaya Raya hingga tingkat kasasi di tahun 2018. Tapi, Pemkot Depok pun seolah tidak terima dan mengajukan gugatan baru di tahun 2018.

Dan inilah hasil akhir dari gugatan itu, lahan beserta aset Pasar Kemiri Muka adalah milik PT. Petamburan Jaya Raya. (ade/*)