PT KAI Dapat Penghargaan Pengembang UMKM Terbaik Versi UNS

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo (kiri) saat menerima penghargaan dari Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum (kanan) secara virtual, Rabu 18 Agustus 2021. Foto: Istimewa
Dirut PT KAI Didiek Hartantyo (kiri) saat menerima penghargaan dari Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum (kanan) secara virtual, Rabu 18 Agustus 2021. Foto: Istimewa

DepokToday – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mendapat penghargaan sebagai Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PKBL Pengembang UMKM Terbaik dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta atau UNS.

Penghargaan tersebut diberikan dalam ajang Penganugerahan 8th UNS SME’s AWARDS secara online pada Rabu 18 Agustus 2021. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo oleh Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UNS dan seluruh panitia Penganugerahan 8th UNS SME’s AWARDS atas penghargaan yang diberikan kepada KAI. Penghargaan ini akan semakin memacu KAI dalam berkontribusi mendukung para pelaku UMKM,” kata Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya.

Baca Juga: Wali Kota Minta ASN Depok Beli Produk UMKM Dari Penghasilannya

Didiek mengatakan, PT. KAI memiliki komitmen dalam pemberdayaan dan penguatan bisnis UMKM melalui berbagai model pendampingan dan bantuan untuk perkembangan UMKM.

Program-program tersebut yaitu pelatihan dari para praktisi dan akademisi terkait penanganan keadaan krisis, dasar-dasar keuangan bisnis, dan digital marketing, program sertifikasi usaha, program UMKM On Station, serta pembelanjaan perusahaan ke UMKM.

“Saat ini, terdapat 2.544 UMKM binaan di berbagai kota yang terdiri dari bidang industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan jasa,” kata Didiek.

Didiek melanjutkan, meski pandemi Covid-19, pihaknya tetap memberikan dukungan kepada UMKM, diantaranya pemberian stimulus/relaksasi angsuran kepada para Mitra Binaan, pembelanjaan APD kepada Mitra Binaan dan membantu para mitra binaan yang sebelumnya melakukan penjualan secara konvensional/offline menjadi online melalui marketplace.

Pada bulan Januari-Juli 2021 KAI mengeluarkan dana sebesar Rp1,345 miliar dalam rangka pembinaan UMKM Binaan KAI. Jumlah ini meningkat 140% dibanding periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp560.000.000.

“Hal ini menunjukkan komitmen kami untuk mendukung UMKM yang ada di Indonesia,” lanjut Didiek.

Dukungan KAI terhadap sektor UMKM ini juga telah mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Sebelumnya di tahun 2021, KAI telah menerima penghargaan CSR pada ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021, Top Corporate Social Responsibility Awards 2021, serta Indonesia Green Awards (IGA) 2021.

“Kami berharap KAI terus dapat berkontribusi untuk UMKM di Indonesia sehingga UMKM di Indonesia dapat terus maju, berkembang, dan bersaing di dunia industri nasional,” pungkasnya.

Rektor Universitas Sebelas Maret,  Prof. Dr. Jamal Wiwoho mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada para pemerhati UMKM atas kinerja dan kepeduliannya untuk pengembagan UMKM.

“Upaya serius dan berkelanjutan yang telah dilakukan oleh para penerima penghargaan untuk menyelamatkan UMKM di Indonesia dari keterpurukan ekonomi dan ancaman kebangkrutan khususnya di masa pandemi Covid-19 ini patut diapresiasi,” kata Jamal. (ade/*)