Proyek Infrastruktur Piala Dunia Qatar 2022 Telah Mencapai 95%

Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Qatar.(Foto: afc.com)
Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Qatar.(Foto: afc.com)

DOHA—Proyek infrastruktur Piala Dunia Qatar 2022 telah mencapai 95% penyelesaian dengan semua stadion akan siap pakai pada akhir tahun.

Yasir Al Jamal dari SC, Wakil Ketua, Kantor Pengiriman Teknis, dan Ketua, Kantor Operasi, mengatakan proyek infrastruktur Piala Dunia hampir rampung.

“Sejak 2011, kami telah bekerja keras untuk menghadirkan turnamen dan infrastruktur nasional kami. Jika kita melihat metro, bandara, dan perluasan jalan raya, kita berada di tempat yang sangat baik,” kata Yasir dikutip afc.com, Sabtu 9 Juli 2021.

DIBACA JUGA: 500 Hari Menuju Piala Dunia Qatar, Ini yang Dijanjikan Sang Tuan Rumah

Dia menyatakan, semua stadion yang bakal dipakai untuk pertandingan Piala Dunia tahun depan, siap pada akhir tahun.

“Satu tahun penuh kita akan mengujinya sebelum acara. Lima stadion kami sudah selesai, sementara tiga lainnya akan segera siap. Enam dari stadion akan digunakan untuk Piala Arab FIFA 2021, yang akan berlangsung pada November dan Desember,” katanya.

Trofi Piala Dunia.(Foto: Twitter Piala Dunia 2022)
Trofi Piala Dunia.(Foto: Twitter Piala Dunia 2022)

Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022. Ini adalah kali pertama pesta sepak bola empat tahunan antar negara di dunia berlangsung di Timur Tengah.

Sedangkan untuk skala Asia, Piala Dunia 2022 Qatar menjadi penyelenggara kedua setelah Korea Selatan dan Jepang pada 2002.

DIBACA JUGA: Ini Hasil Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Piala Dunia tahun depan akan menjadi edisi terakhir yang melibatkan sebanyak 32 tim. Sebab di Piala Dunia 2026, FIFA akan menambah peserta menjadi 48 tim dari enam konfederasi.

Trofi Piala Dunia.(Foto: FIFA)
Trofi Piala Dunia.(Foto: FIFA)

Ini juga menandai Piala Dunia pertama yang diselenggarakan bukan pada pertengahan tahun, tapi di penghujung tahun.

Sedangkan jangka waktu acaranya 28 hari di mana laga final bertepatan pada Hari Nasional Qatar tanggal 18 Desember 2022.

Qatar selaku tuan rumah otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Sementara 31 tim lainnya masih melakoni pertandingan kualifikasi di masing-masing konfederasi. Juara bertahan pada turnamen edisi ke-22 ini adalah Prancis.

(tdr/*)