Prediksi Pertandingan Piala Eropa 2020 Grup C dan D

Tiga pertandingan Piala Eropa 2020 yang berlangsung nanti malam hingga Senin 13 Juni 2021 dini hari WIB. Jadwal pertandingan pada foto adalah waktu Eropa.(Foto: UEFA)

LONDON—Pertandingan Piala Eropa 2020 memasuki hari ketiga pasca dibuka pada Jumat 11 Juni 2021 malam waktu Italia atau Sabtu 12 Juni 2021 dini hari WIB.

Sejak pembukaan di Stadion Olimpico Roma, Italia itu, sebanyak empat pertandingan sudah dimainkan hingga Minggu 13 Juni 2021 dini hari WIB.

Dan malam ini sampai Senin 14 Juni 2021 dini hari WIB, tiga pertandingan berikutnya bakal digelar.

Inggris menjamu Kroasia membuka pertandingan Grup D di Stadion Wembley, London, pukul 20:00 WIB.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020; London, Inggris

Tiga jam berikutnya, pukul 23:00 WIB, Austria yang berada di Grup C menghadapi tim debutan Makedonia Utara di National Arena Bukarest, Romania.

Pertandingan Grup C lainnya, Belanda melawan Ukraina di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, pukul 02:00 WIB.

Prediksi

Inggris vs Kroasia: Nasib sepertinya telah menyatukan Inggris dan Kroasia dalam beberapa pertandingan besar selama beberapa tahun terakhir.

Namun tidak ada yang lebih besar pertemuan kedua tim itu dari semifinal Piala Dunia 2018 ketika Kroasia bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di perpanjangan waktu.

Tapi, di rumah sendiri, Inggris punya  harapan tinggi untuk membalas kekalahan atas Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.

“Kami jelas kecewa di Moskow (Piala Dunia-red). Kami memiliki dua pertandingan yang sangat dekat sejak saat itu,” ungkap Manajer Inggris, Gareth Southgate, dikutip uefa.com.

Kostum yang akan dipakai Inggris melawan Kroasia.(Foto: Twitter)
Kostum yang akan dipakai Inggris melawan Kroasia.(Foto: Twitter)

Southgate mengakui melawan Kroasia di laga pembuka merupakan tantangan besar bagi timnya.

“Mereka adalah tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain luar biasa, mentalitas hebat, semangat luar biasa, dan dapat beradaptasi secara taktis, jadi mereka benar-benar hebat. tantangan besar bagi kami untuk pertandingan pertama kami,” jelasnya.

Kroasia pun demikian. Pelatih Kroasia, Zlatko Dali, meminta anak asuhnya untuk tampil menyerang Inggris.

“Kami akan menjaga penguasaan bola dan mencoba menyerang, karena hanya bertahan tidak akan membawa manfaat bagi kami,” jelas Zlatko.

Ia telah memilih pemain terbaik untuk menghadapi Inggris yang dikenal bermain sangat agresif.

“Kami akan memilih tim terbaik untuk pertandingan ini, kami memiliki pemain berkualitas dan kami tidak takut. Kami tahu bahwa Inggris sangat cepat, sangat agresif dalam menyerang, mereka memiliki pemain top. Kami akan membutuhkannya untuk merespons dengan blok yang solid,” tutur Zlatko.

Austria vs Makedonia Utara: Makedonia Utara menjadi negara ke-35 yang bermain di putaran final Piala Eropa 2020 (sehari setelah Finlandia berada di peringkat 34).

Austria dua kali mengalahkan Makedonia Utara di babak kualifikasi untuk memastikan lolos otomatis ke putaran final Piala Eropa 2020.

Pemain Austria menjalani sesi latihan.(Foto: Twitter)
Pemain Austria menjalani sesi latihan.(Foto: Twitter)

Namun, keberhasilan play-off Makedonia Utara dan kemenangan atas Jerman 2-1 pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di bulan Maret lalu, berarti Austria tidak akan menganggap enteng Goran Pandev dkk.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

“Saya pikir banyak hal telah berubah sejak dua pertandingan [kualifikasi] itu, karena itu dimainkan dua tahun lalu, jika saya benar, dan selama dua tahun itu tim nasional kami telah berkembang dari satu pertandingan menjadi berikutnya dan memainkan sepak bola yang lebih baik, para pemain telah membuat kemajuan di setiap pertandingan, dan ini benar-benar berbeda dari kualifikasi,” tegas Pelatih Makedonia Utara, Igor Angelovski.

Pelatih Austria, Franco Foda, tahu betul karakteristik lawannya. “Kami tahu tentang kekuatan mereka. Mereka bagus dalam transisi, saat istirahat. Kami harus berhati-hati. Kami tahu, kami perlu menggerakkan bola dengan cepat dan tetap waspada saat bertahan untuk menghindari serangan balik,” tandasnya.

Belanda vs Ukraina: Setelah absen pada ajang Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, Belanda memainkan pertandingan putaran final pertama mereka dalam tujuh tahun terakhir. Dan kali ini, di depan penggemarnya di Amsterdam, Belanda akan meladeni perlawanan Ukraina yang diasuh Andriy Shevchenko.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

“Kami telah menonton video Ukraina dan saya mengenal beberapa pemain mereka; saya telah melihat mereka bermain. Saya pikir mereka adalah tim yang bagus dengan banyak kualitas. Mereka terorganisir dengan baik dan bermain sepak bola yang layak, jadi langsung saja itu lawan yang tangguh…,” urai Pelatih Belanda, Frank de Boer.

Pertandingan Senin dini hari nanti adalah pertama kalinya kedua tim bertemu secara kompetitif, dengan Ukraina berharap untuk menunjukkan performa yang membawa mereka ke partai final.

Sesi latihan pemain Belanda.(Foto: Twitter)
Sesi latihan pemain Belanda.(Foto: Twitter)

Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko, menargetkan timnya dapat lolos dari babak penyisihan grup.

“Tugas utama tim adalah lolos ke babak penyisihan grup. Kami memahami bahwa kami harus bermain melawan tim yang sangat kuat dan Belanda adalah salah satu favorit. Hal utama yang kami miliki gaya tertentu yang kami mainkan dan kami tidak akan mengubahnya. Kami memiliki prinsip kami sendiri yang kami patuhi,” pungkas Shevchenko.

(tdr/*)