Prancis vs Jerman, Pertarungan Tim Kelas Atas di Penyisihan Grup

Football Arena Munich tempat pertandingan Prancis vs Jerman.(Foto: Twitter Germany)
Football Arena Munich tempat pertandingan Prancis vs Jerman.(Foto: Twitter Germany)

MUNCHEN—Pertandingan sengit tersaji di Football Arena Munich, Rabu 16 Juni 2021 dini hari WIB, ketika Prancis bersua Jerman pada laga Grup F Piala Eropa 2020.

Duel antara Prancis dan Jerman di fase penyisihan grup baru pertama kali terjadi. Biasanya kedua tim bentrok pada fase lain di turnamen internasional. Namun hal itu masih bisa terjadi asalkan Prancis dan Jerman lolos dari Grup F.

DIBACA JUGA: Cristiano Ronaldo Memburu Rekor saat Portugal Ditantang Hungaria

Walaupun bertemu di awal turnamen, Pelatih Prancis, Didier Deschamps, ogah ambil pusing. Mantan pemain Juventus itu tetap menganggap sebagai pertandingan besar.

Pemain Prancis dalam sesi latihan.(Foto: Twittee Prancis)
Pemain Prancis dalam sesi latihan.(Foto: Twittee Prancis)

“Ini adalah pertandingan besar untuk memulai. Ini adalah pertandingan besar bagi kami tetapi juga untuk Jerman, karena kami berdua berada di antara negara-negara Eropa teratas,” kata Deschamps dilansir uefa.com.

Turunkan Trio

Les Bleus—julukan Prancis—telah memenangkan 16 dari 20 pertandingan terakhir mereka, hanya kalah sekali, dan sebagian besar perhatian akan tertuju apakah Didier Deschamps memilih menurunkan Karim Benzema bersama Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

Namun, perhatian seputar dimainkannya trio itu, Deschamps tidak mengabaikan ancaman dari penyerang Jerman.

Harus Fokus

Di kesempatan berbeda, Pelatih Jerman, Joachim Low, melawan tim kelas atas seperti Prancis memunculkan sedikit ketegangan.

“Anda dapat merasakan ketegangan positif di udara dan antisipasi. Saya benar-benar berpikir ‘akhirnya!’ ketika saya naik bus untuk datang ke sini. Saya tenang, santai, dan berpikir bahwa dalam 14 hari terakhir kami telah melakukan apa yang kami inginkan. Besok penting untuk melihat apa yang akan ditunjukkan tim,” papar Low.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Low menyadari kesulitan yang ditimbulkan oleh para pesaingnya saat ia bersiap untuk memulai turnamen ini dalam 15 tahun masa kepelatihannya.

Suasana santai pemain Jerman di sela sesi latihan.(Foto: Twitter Germany)
Suasana santai pemain Jerman di sela sesi latihan.(Foto: Twitter Germany)

“Kedua belah pihak memiliki serangan berbahaya. Anda harus fokus setiap detik dan jangan mengalihkan pandanganmu dari mereka,” tegas Low.

Setelah pertandingan ini, Prancis akan bertemu Hungaria hari Sabtu 19 Juni 2021 waktu Budapest, dan Jerman harus meladeni tim besar lagi yakni Portugal di Munchen.

Prakiraan Susunan Pemain

Prancis (4-3-3): Lloris; Pavard, Varane, Kimpembe, Hernandez; Pogba, Kante, Rabiot; Griezmann, Benzema, Mbappe.

Jerman (3-4-3): Neuer; Ginter, Hummels, Rudiger; Kimmich, Gundogan, Kroos, Gosens; Havertz, Muller, Gnabry.

(tdr/*)