Prancis, Jerman, dan Portugal, Dapat Tiket ke 16 Besar Piala Eropa 2020

Cristiano Ronaldo mencetak gol dari titik penalti ke gawang Prancis.(Foto: Twitter Euro2020)
Cristiano Ronaldo mencetak gol dari titik penalti ke gawang Prancis.(Foto: Twitter Euro2020)

BUDAPEST—Tiga tim yang berada di Grup F Piala Eropa 2020, Prancis, Jerman, dan Portugal, mendapat tiket untuk berlaga di babak 16 besar.

Lolosnya ketiga tim dari “Grup Neraka” itu setelah menuntaskan pertandingan terakhir Grup F, Kamis 24 Juni 2021 dini hari WIB.

Uniknya dua pertandingan—Jerman vs Hungaria dan Portugal vs Prancis—sama-sama berakhir dengan skor sama kuat, 2-2.

DIBACA JUGA: Grup E Diwakili Swedia dan Spanyol di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Portugal yang meladeni Prancis di Puskas Arena, Budapest, membuka keunggulan lewat gol penalti Cristiano Ronaldo di menit 31. Penalti ini diberikan wasit untuk Portugal setelah Kiper Prancis, Hugo Lloris, melakukan pelanggaran terhadap Danilo Pereira.

Duel pemain Prancis dengan dua pemain Portugal.(Foto: Twitter Euro2020)
Duel pemain Prancis dengan dua pemain Portugal.(Foto: Twitter Euro2020)

Skor 1-0 berubah ketika pertandingan babak pertama mamasuki waktu tambahan. Melalui titik penalti, Karim Benzema berhasil menyamakan kedudukan 1-1 di menit 45+2.

Gol yang lahir dari titik putih itu bermula ketika Nelson Semedo (Portugal) melanggar Kylian Mbappe (Prancis). Wasit yang melihat tayangan ulang di VAR akhirnya memutuskan penalti untuk Prancis. Skor imbang ini bertahan sampai babak pertama selesai.

Karim Benzema mengeksekusi tendangan penalti.(Foto: Twitter Euro2020)
Karim Benzema mengeksekusi tendangan penalti.(Foto: Twitter Euro2020)

Pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit, Benzema membalikkan keunggulan Prancis jadi 1-2. Memanfaatkan umpan melengkung Paul Pogba, Benzema melepaskan tendangan mendatar yang menembus gawang Portugal.

Gol Benzema ini mulanya offside namun wasit melihat VAR dan akhirnya tetap mengesahkan gol tersebut. Skor 1-2 untuk Prancis.

DIBACA JUGA: Portugal vs Prancis, Final Ulangan Piala Eropa 2016

Menit 60, Portugal menyamakan kedudukan. Lagi-lagi melalui titik penalti karena Jules Kounde melakukan handball. Penalti ketiga! Lengan Kounde terangkat saat Ronaldo mencoba untuk mengumpan bola dan penalti diberikan.

Cara yang sama, hasil yang sama! Ronaldo kembali menjadi eksekutor dan berhasil mengecoh Lloris. Itu adalah gol internasional ke-109 Ronaldo sehingga membuatnya sejajar dengan legenda IR Iran, Ali Daei. DIBACA JUGA: Kesempatan Emas Cristiano Ronaldo Menyamai Rekor 109 Gol Ali Daei

Skor imbang 2-2 bertahan hingga babak kedua berakhir. Prancis menjadi juara grup, disusul Jerman runner-up, dan Portugal juga lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Jerman Juga Imbang

Hasil imbang juga dialami Jerman kala menjamu Hungaria. Saling berbalas gol terjadi sebelum akhirnya berakhir dengan skor 2-2 di Allianz Arena, Munchen.

Semangat Jerman untuk lolos ke babak 16 besar dibasahi oleh hujan lebat di Kota Munchen.

Jerman tertinggal setelah 11 menit pertandingan babak pertama. Hungaria melakukan serangan balik secepat kilat, dan Adam Szalai menyundul bola yang kemudian mengarah masuk ke gawang Jerman.

Gol Jerman ke gawang Hungaria.(Foto: Twitter Euro2020)
Gol Jerman ke gawang Hungaria.(Foto: Twitter Euro2020)

Tuan rumah (Jerman—red) merespons dengan tajam; Sundulan Mats Hummels membentur mistar gawang dari tendangan sudut Joshua Kimmich, dan Matthias Ginter kemudian melepaskan tembakan lurus ke arah Peter Gulacsi dari jarak dekat.

DIBACA JUGA: Jerman Cuma Butuh Satu Poin untuk Melaju ke Babak 16 Besar

Namun, Hungaria tampaknya telah melewati badai, Sallai melakukan tendangan bebas dari luar tiang gawang  tapi berhasil diantisipasi Manuel Neuer.

Kelegaan akhirnya datang untuk Jerman setelah Kai Havertz mencetak gol penyeimbang menit ke 66.

Namun, mereka kembali tertinggal dalam 16 detik dari gol Havertz. Hungaria kembali unggul dari Jerman usai Andras Schafer mencetak gol. 1-2 Papan skor berubah.

Hal sangat suram bagi Jerman mengingat pertandingan memasuki menit krusial. Tetapi Jerman selamat dari kekalahan berkat gol Leon Goretzka pada menit 84. Kedudukan pun berakhir dengan skor imbang 2-2.

(tdr/*)