Pradi Dukung Wartawan Soroti Kinerja Pemkot

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna berkunjung ke sekertariat Pokja Wartawan Depok. (DepokToday, Rul)

MARGONDA- Sebagai pilar ke empat dalam demokrasi, wartawan memiliki peran penting dalam berbagai aspek. Salah satunya ialah fungsi kontrol sosial. Namun disisi lain, keberadaan jurnalis justru kerap dipandang sebelah mata.

“Ini kadang pemahaman yang salah. Jurnalis itu memiliki peran penting dalam sebuah tatanan, salah satunya sebagai fungsi pengawas atau kontrol sosial,” kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat berdiskusi dengan sejumlah media di sekertariat Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Depok, Jalan Margonda No 14, Depok, Jawa Barat, Selasa 15 Oktober 2019.

Terkait hal itu, Pradi pun sangat mengapresiasi peran aktif media, khususnya mereka yang tergabung dalam wadah Pokja Wartawan Depok sebagai pengawas kinerja aparatur negara, salah satunya di lingkungan Pemerintah Kota Depok. Pradi menilai, hal itu penting sebagai penyeimbang demokrasi.

“Tentunya kami sangat bersyukur karena dengan adanya kritikan dari teman-teman artinya kami diawasi. Ini saya rasa sangat penting agar semua yang kita lakukan tidak keluar dari jalurnya,” ucapnya

Tak hanya itu, politisi Gerindra ini pun mengaku siap mendukung profesionalisme para jurnalis, salah satunya dengan berani tampil transparan dalam hal kinerja Pemerintah Daerah.

“Saya selalu mengingatkan diri saya sendiri dan jajaran ASN untuk bersikap terbuka. Ini sudah jaman digital, dan keterbukaan informasi publik saya rasa perlu jangan sampai kita terjebak pada isu-isu yang menyesatkan. Apalagi sekarang inikan lagi marak hoax atau informasi bohong.”

Sementara itu, Ketua Pokja Wartawan Depok, Sidharta Agung menyambut baik sikap bijak Pradi.

“Saya rasa ini patut diapresiasi ya, karena dengan begitu artinya bang Pradi sebagai perwakilan lembaga eksekutif sangat mendukung profesi wartawan, dan ini patut kita syukuri,” katanya

Lebih lanjut wartawan Metro Tivi ini pun berharap, pemikiran Pradi dapat diimplementasikan juga oleh seluruh pihak dan instansi terkait. (mor)