Poltekip Gelar Penanggulangan Bencana di Rutan Depok

Poltekip dan petugas Rutan Depok (DepokToday, rul)

CILODONG– Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) menggelar program Pengabdian Masyarakat  (Pengmas) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B, Depok, Jawa Barat, pada Kamis, 5 Desember 2019. Salah satu isi kegiatan tersebut ialah terkait dengan penanggulangan bencana kebakaran.

Direktur Poltekip, Rachmayanti mengungkapkan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata dari tugas dan fungsi perguruan tinggi, kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Adapun program Pengmas tersebut sesuai aturan Kemenristekdikti.

“Maka dalam satu tahun kalender akademik harus melakukan Pengmas. Salah satu studinyya melaksanakan penyelengaraan pemberdayaan bagi petugas Rutan Depok melalui latihan peyelamatan kebakaran bersama dinas terkait (Damkar),” katanya pada wartawan

Rachmayanti mengatakan, manfaat dari kegiatan tersebut sagat besar baik untuk kalangan internal maupun eksternal.

“Tentunya kegiatan ini bisa memberikan pelatihan bagi masyarakat yang membutuhkan dan ini merupakan tugas dan tanggungjawab kami.”

Rutan Depok

Tak hanya itu, Rachmayanti juga menjelaskan, kegiatan penanggulangan bencana ini dapat menjadi bekal bagi para taruna dan taruni Poltekip untuk menghadapi dunia nyata yang penuh tantangan dan resiko.

“Khususnya dalam kondisi darurat, misalnya kebakaran. Ini juga berguna untuk masyrakat luas, yang juga butuh perlindunngan. Inilah wujud nyata kami sebagai anak bansga untuk memberikan apa yang kami mampu,” ujarnya

Simulasi kebakaran di Rutan Depok

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B, Depok, Bawono Ika Sutomo mengatakan, kegiatan ini merupakan Pengmas Poltekip yang juga memberi manfaat bagi para petugas dilapangan. Bawono pun berharap, dengan kegiatan tersebut anggotanya akan semakin paham dan terlatih ketika mengahadapi segala situasi darurat.

“Pelajaran ini harus jadi satu model dalam menangani persoalan masyarakat yang ada di Rutan.” (rul/*)